Zuckerberg: Transfer Uang Bisa Pakai Whatsapp, Semudah Kirim Foto

Teknologi 2 Mei 2019

Hai, MedForians!

Kirim uang lewat Whatsapp? Tentu saja bisa. Bukan mustahil bagi aplikasi obrolan berlogo dominan hijau ini.

Dalam keynote konferensi F8, CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, menyatakan ia sangat bersemangat menyambut bisnis payment yang menjadi bagian dari visi perusahaannya. Ia ingin transfer uang melalui layanan mobile berlangsung sangat mudah bagi pengguna.

“Saya percaya kemudahan mengirim uang ke seseorang akan sama seperti mengirim foto,” ujar Zuck.

Layanan Whatsapp payment rilis di India pada 2018 lalu sebagai ujicoba. Rencananya setelah masa ujicoba berakhir, layanan ini akan diterapkan di beberapa negara lain di dunia. Namun belum ada informasi di negara mana dan kapan peluncurannya.

“Kami sedang mengujicoba di India saat ini di WhatsApp, kami berharap meluncurkan di beberapa negara lain dalam suatu waktu, tapi saya tidak ingin membuka jadwalnya. Ini adalah sesuatu yang kami kerjakan secara aktif,” tambah Zuck.

Dikutip dari Detik Inet, layanan obrolan sebagai alat keuangan sendiri sudah sukses diterapkan pihak lain. Sebagai contoh, WeChat yang sekarang sudah umum dipakai membayar di negara asalnya, Tiongkok.

Jika nantinya diterapkan, maka akan mempermudah proses jual beli melalui sosial media, seperti yang populer saat ini. “Nanti bayarnya via PM di WA, ya.” Mungkin kalimat tersebut akan digunakan oleh sebagian penjual di masa mendatang. Atau jika ingin kirim uang kepada keluarga yang jauh, cukup lewat Whatsapp. Seperti kata Zuckerberg, semudah mengirim foto. Menarik untukk ditunggu, karena Whatsapp juga sudah memiliki banyak fitur bermanfaat, seperti mencegah penyebaran kabar hoax.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.