430 Cosplayer Bantu Bersihkan Area Sekitar Tokyo Tower

Pop Kultur 14 Jun 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Jepang. Kali ini, aktivitas menarik dilakukan ratusan cosplayer yang melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah di area sekitar Tokyo Tower.

Aktivitas kerja bakti di sekitar Tokyo Tower tersebut diberi nama Cosplay de UmiGomi Zero DaiSakusen, dan dilaksanakan pada Sabtu (8/6) lalu. Total ada 430 cosplayer yang turut berpatisipasi dalam membersihkan area tersebut.

Aktivitas tersebut merupakan campaign yang diluncurkan oleh organisasi nirlaba Nippon Foundation dan Cosplay Umigomi Zero Executive Committee, yang bekerja sama dengan World Cosplay Summit.

Tujuan pelaksanaan aktivitas tersebut adalah untuk menambahkan kesadaran akan masalah sampah lautan, atau dalam di Jepang disebut dengan Umigomi.

Menurut Nippon Foundation, sampah-sampah yang muncul di laut sebagian besar sumbernya justru berasal dari sungai-sungai yang mengalir dari area perkotaan.

Acara Cosplay de UmiGomi Zero DaiSakusen sendiri sempat diliput oleh media massa terbesar Jepang, The Japan Times. The Japan Times kemudian merekam video liputan tersebut, dan menayangkannya melalui channel Youtube.

Ketua Nippon Foundation, Sasagawa Youhei, ikut tampil dengan bercosplay sebagai Monkey D Luffy dan bersih-bersih bersama para cosplayer lain.

Dalam video tersebur, ditunjukkan kalau ada juga yang tampil kreatif, seperti seseorang yang dengan cocoknya bersih-bersih dengan cosplay jadi Kapten Levi Ackerman (Shingeki no Kyojin) saat ia membersihkan kamarnya. Ada juga yang cosplay jadi staff pembersih Disney Sea.

Acara ini juga memberikan hadiah bagi para cosplayer yang berpartisipasi, berupa stamp sertifikasi yang dapat digunakan untuk memberi akses pada event-event tertentu, termasuk akses ke stage cosplay event bersih-bersih tersebut.

Sumber: Crunchyroll, Akiba Nation

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.