Amerika Serikat Siap Longgarkan Sanksi Huawei dengan Syarat Tertentu

Teknologi 12 Jun 2019

Hai MedForians!

Menteri Keuangan Amerika Serikat Steve Mnuchin mengatakan bahwa Donald Trump bersedia melonggarkan larangan untuk Huawei dengan bersyarat.

Ada Persyaratan Tertentu

Syaratnya adalah kelonggaran tersebut hanya bisa ditetapkan jika ada progress dalam pembicaraan perjanjian dagang dengan pemerintahan China.

Dilansir dari Detikcom, “Saya pikir apa yang dikatakan presiden adalah, jika kita bergerak maju dalam perdagangan mungkin ia bersedia melakukan hal-hal tertentu pada Huawei jika ia mendapat kenyamanan dari China atas hal itu dan jaminan tertentu. Tapi ini adalah isu keamanan nasional,” ujar Mnuchin dari Reuters, Senin (10/6/2019).

Akan tetapi, Mnuchin menekankan bahwa jika AS dan China tidaak mencapai kata sepakat dalam perjanjian dagang tersebut, AS akan tetap menerapkan tariff untuk memangkas deficit dagang mereka.

Pernyataan Mnuchin tersebut diungkapkan hanya beberapa minggu setelah Trump menyiratkan ingin bernegosiasi dengan China soal pembatasan bisnis Huawei itu sebagai bagian dari deal dengan Negeri Tirai Bambu. Jadi aka nada kemungkinan sanksi pada Huawei akan dicabut.

Selain itu, Acting Director Office of Management and Budget, Rusell Vought baru-baru ini mengirimkan surat kepada Wakil Presiden, Mike Pence dan Sembilan anggota kongres untuk menunda pelanggaran terhadap produk Huawei.

Pelanggara ini merupakan bagian dari Natioanal Defense Authorization Act yang disahkan Trump pada akhir tahun lalu. Kebijakan ini melarang badan pemerintah dan kontraktor menggunakan komponen dari perusahaan asal China seperti Huawei dan ZTE karena alasan keamanan nasional.

Dalam suratnya juga, Vought mengatakan larangan untuk membeli komponen Huawei lebih baik dimulai dalam empat tahun ke depan, bukan dua tahun seperti ketentuan awal. Penundaan ini memungkinkan tambahan waktu untuk mempertimbangkan potesi dampak dan solusi.

Bagaimana MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann