Menu Tutup

Mulai Hari Ini, Aplikasi Windows Phone 8.x Tidak Bisa Diperbarui Lagi

Windows Phone

Hai, MedForians!

Sekarang sudah tahun 2019, dan kamu masih menggunakan Windows Phone? Kamu mungkin adalah fanboy garis keras bin hardcore dari platform mobile *gagal* besutan Microsoft ini, ya?

Namun jika kamu benar-benar ingin bertahan di platform yang sudah tenggelam ini, ada baiknya jika kamu segera pindah sekarang juga.

No Updates No Life

Bukan tanpa alasan, Microsoft memberitahukan bahwa mulai tanggal 1 Juli 2019 ini, pengguna Windows Phone 8.x tidak akan bisa memperbarui aplikasi mereka di Windows Store.

Kendati demikian, fitur update di dashboard Dev Center untuk Windows Phone 8.x masih dapat digunakan. Namun pembaruan aplikasi hanya akan diberikan bagi perangkat yang menjalankan Windows 10, termasuk versi mobile-nya.

Windows Store

Dalam pengumumannya, Microsoft juga menyarankan para pengembang aplikasi untuk beralih ke UWP (Universal Windows Program) yang ditujukan bagi Windows 10. UWP sendiri adalah format aplikasi baru yang dapat dijalankan di berbagai perangkat Windows 10 hanya dengan menulis satu basis-kode saja.

RIP Windows Phone 8.x

Yang perlu diingat, Windows Phone 8.x sendiri sudah tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan apapun dari Microsoft. Hal ini sudah berlangsung sejak Juli 2017 lalu. Berbagai fungsi esensial seperti notifikasi dan lainnya juga sudah “dicabut nyawanya”.

Dengan penghapusan pembaruan aplikasi ini, sudah dapat dikonfirmasi bahwa ponsel Windows tidak dapat digunakan secara baik lagi. Berbagai aplikasi penting seperti Facebook, Messenger, dan WhatsApp sudah hengkang dari toko aplikasi OS ponsel yang dirilis tahun 2014 ini.

Jadi ponsel-ponsel Nokia Lumia dan sekelumit brand lain yang masih menjalankan OS ini hanya dapat digunakan untuk telepon, SMS, menjelajah web di IE, dan foto saja.

Bagaimana Dengan Windows 8.1 versi Desktop?

Tampilan Layar Mulai di Windows 8.1
Tampilan Layar Mulai di Windows 8.1

Tragis memang, nasib versi ponsel dari OS yang satu ini berbeda dengan versi desktopnya, Windows 8.1 yang masih diperbarui hingga 4 tahun yang akan datang. Aplikasi yang dijajakan melalui Windows Store di platform desktop ini masih dapat diperbarui hingga tahun 2023 mendatang.

Bahkan pembaruan Windows 8.1 sudah memsuki masa “diperpanjang” yang berarti OS ini hanya akan menerima pembaruan keamanan penting. Ini akan berlangsung hingga tanggal 20 Januari 2023.

Ada yang Masih Sanggup Pakai Windows Phone?

Jadi untuk kalian pengguna sejati Windows Phone, apa kalian masih bisa bertahan dengan segala cobaan ini? Jika kalian ingin pindah platform, apakah kalian ingin beralih ke Android atau iOS?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×