Menu Tutup

Buka Akun Sosmed Wajib Gunakan Nomor Ponsel, Ini Tanggapan Faebook!

Hai, MedForians!

Beberapa waktu lalu, Menkominfo meminta platform sosial media diwajibkan membuka akun sosial media menggunakan nomor ponsel. Facebook menanggapi hal ini. Bagaimana tanggapannya?

Meskipun tak disebutkan secara rinci, Facebook yang merupakan sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia bisa jadi merupakan sosial media yang dimaksudkan oleh Menreri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Dikutip dari Kompas Tekno, Senin (24/6), pihak Facebook Indonesia masih enggan mengomentari permintaan dari Menkominfo tersebut. Seorang juru bicara Facebook Indonesia, bahwa selama ini pihaknya sudah menyediakan opsi bagi pengguna untuk memasukkan nomor telepon, meskipun tidak bersifat wajib.

“Kalau pencantuman nomor ponsel itu memang sudah diterapkan sebagai opsi saat mendaftar akun,” ujar sang juru bicara Facebook Indonesia.

BACA JUGA :  Moselo Menangkan Google Play Award 2019

Keterangan di laman Facebook menyebutkan bahwa calon pengguna bisa membuat akun baru dengan menggunakan informasi nama, kata sandi, tanggal lahir, jenis kelamin, berikut alamat e-mail atau nomor ponsel.

Adapun nomor ponsel dalam hal ini digunakan oleh Facebook untuk keperluan keamanan, yaitu verifikasi identitas pengguna.

“Untuk two-factor authentication,” tutup sang juru bicara Facebook Indonesia.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara mengaku sudah mengirimkan surat permintaan ke beberapa sosial media terkait dengan aturan membuka akun sosial media dengan nomor ponsel. Hal ini dilakukan untuk mengurangi peredaran kabar hoaks melalui sosial media.

Bagaimana menurut MedForians? Apakah dengan cara ini, efektif untuk mengurangi peredaran kabar hoaks? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

BACA JUGA :  Baru Seumur Jagung, PT Buroq Sakti Terbang Mendadak Viral

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×