China Keluarkan Lisensi 5G Untuk Bantu Huawei

Teknologi 7 Jun 2019

Hai, MedForians!

Beberapa waktu yang lalu, Otoritas China mengeluarkan lisensi jaringan 5G untuk tiga operator besar serta China Broadcasting Network. Dengan kata lain, 5G sudah diizinkan untuk komersialisasi secara penuh.

Dilansir dari Reuters melalui detikINET, Kamis (6/6), persetujuan dari pemerintah soal lisensi 5G akan memicu investasi di sektor telekomunikasi yang akan menguntungkan vendor semacam Huawei.

China Mobile, China Unicom dan China Telecom serta China Broadcasting Network Corporation Ltd  memperoleh lisensi tersebut yang merupakan lembaga penyiaran.

Huawei tentu menyambut kabar baik itu dan siap mendukung terselenggaranya jaringan 5G di China. Mereka mengklaim saat ini telah mendapat kontrak komersial 5G di 30 negara.

Ketiga operator telah mendapatkan lisensi trial 5G sejak akhir tahun 2018. Pemberian lisensi trial 5G sejak akhir tahun 2018. Pemberian lisensi terbaru adalah lampu hijau sehingga mereka bisa mengebut komersialiasi 5G yang diharapkan tereliasi pada tahun 2020.

Namun demikian, karena Huawei masuk blacklist AS dan dipersulit dengan membeli komponen dari sana, mereka berpotensi mengalami kesulitan dalam merealisasikan 5G berskala besar.

“kami masih melihat bahwa jika larangan ekspor AS ke Huawei tetap ada selama beberapa waktu dan bahkan diperluas ke perusahaan teknologi China lain, maka akan sangat sulit bagi China membangun 5G dalam skala besar,” ujar analis industri, Jefferies

Bagaimana MedForians? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann