Menu Tutup

Comic Market 98 Dimajukan untuk Mengakomodasi Olimpiade Tokyo

Hai, MedForians!

Situs web resmi acara pasar komik dan dojinshi bergengsi di Jepang, Comic Market atau yang biasa disingkat Comiket mengumumkan bahwa Comiket 98 akan dimajukan.

Comiket musim panas akan dimajukan menjadi tanggal 2 hingga 5 Mei 2020 mendatang. Ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana biasanya Comiket musim panas diselenggarakan setiap bulan Agustus.

Dilansir dari AnimeNewsNetwork, hal ini dikarenakan Tokyo Big Sight, gedung yang biasanya menjadi lokasi acara Comiket digunakan sebagai pusat pers dan pusat siaran internasional untuk Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung 24 Juli hingga 9 Agustus tahun depan. Ini akan jadi ajang olahraga internasional yang terbesar sejak Piala Dunia FIFA 2002 yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang.

Tokyo Bight Sight, lokasi acara Comic Market
Tokyo Bight Sight, lokasi acara Comic Market

Dikarenakan adanya renovasi gedung jelang Olimpiade, beberapa pameran perusahaan komersial akan dipindahkan mengingat keterbatasan ruang. Nantinya, pameran tersebut akan diadakan di aula Aomi, dekat dengan stasiun kereta api Rinkai, Tokyo. Untuk penjualan dojinshi masih tetap di aula sebelah barat dan selatan.

BACA JUGA :  Manga Hanebado! Dikonfirmasi Berakhir Dalam Waktu Dekat
Para cosplayer yang turut meramaikan Comic Market
Para cosplayer yang turut meramaikan Comic Market

November lalu, penyelenggara mengumumkan akan mempertimbangkan untuk mengenakan biaya masuk pada Comiket 96 dan 97 tahun ini. Namun, untuk musim panas ini, pihak penyelenggara tidak akan membebani biaya masuk. Namun, untuk kedepannya masih belum ditentukan oleh penyelenggara.

Banyaknya pengunjung yang memadati Tokyo Big Sight
Banyaknya pengunjung yang memadati Tokyo Big Sight

Nantinya, sejak Comiket 96, acara akan diselenggarakan 4 hari, berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya 3 hari saja. Untuk tahun ini, jadwal pelaksanaan acara tidak berubah. Comic Market 96 akan berlangsung sejak 9 hingga 12 Agustus mendatang. Sedangkan untuk musim dingin akan berlangsung mulai 28 hingga 31 Desember.

Tahun lalu, Comiket 94 dan 95 mencatat jumlah pengunjung yang cukup banyak. Comiket 94 yang berlangsung 10 hingga 12 Agustus tahun lalu dikunjungi sekitar 530 ribu pengunjung. Sedangkan Comiket 95 yang berlangsung pada 29 hingga 31 Desember lalu dihadiri oleh sekitar 570 ribu orang. Akankah jumlah tersebut meningkat seiring hari penyelenggaraan yang ditambah? Kita lihat saja.

BACA JUGA :  Kamen Rider Faiz Umumkan Spin-Off Baru di Hari Kaixa

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×