Menu Tutup

Dua Versi Nintendo Switch Terbaru Telah Masuki Tahap Produksi!

Hai, MedForians!

Sebelumnya, rumor konsol Switch baru dikabarkan akan segera diluncurkan pada tahun ini. Meskipun secara resmi Nintendo belum mempublikasikannya. Nintendo bahkan tidak sama sekali mengumumkannya di ajang E3. Tetapi The Wall Street Journal minggu ini mengungkapkan beberapa detail baru mengenai model baru Switch ini.

Secara khusus, laporan tersebut menyatakan bahwa Nintendo telah memutuskan untuk memindahkan pembuatan konsol baru ke Asia Tenggara dari Tiongkok. Ini adalah dampak kekhawatiran tentang potensi penambahan tarif pajak Amerika Serikat untuk perangkat elektronik yang dibuat di Tiongkok.

Efek Perang Dagang dengan Tiongkok

Tarif pajak impor yang diusulkan Presiden Trump sebesar 25 persen akan memengaruhi industri konsol video game, smartphone dan komputer. Secara teori, ini dapat menyebabkan kenaikan harga konsol game mulai dari Nintendo, Microsoft, dan Sony. Perusahaan-perusahaan tersebut selama ini membebankan biaya produksi ke harga retail konsumen.

Ini akan meningkatkan resiko penurunan penjualan, atau bahkan kerugian bagi perusahaan jika mereka memutuskan menanggung biaya tambahan itu. Karena konsol gim secara historis tidak menghasilkan untung dari bisnis gim. Seringkali, perangkat dijual dengan kerugian atau dengan margin yang sangat tipis, dengan keuntungan justru berasal dari perangkat lunak dan layanannya.

BACA JUGA :  Kolaborasi Atlus dan Sony Hadirkan PS4 dan PS4 Pro Bertema Persona 5 Royal

Jika tarif 25% berlaku untuk konsol Switch yang dikirim ke Amerika Serikat, ini akan berdampak pada penghasilan yang Nintendo dan perusahaan lain dapatkan pada penjualan konsol. Karena pemberlakuan kebijakan tersebut bisa memotong laba penjualan Switch, itulah mengapa Nintendo lebih memilih untuk memindahkan produksi konsol ke luar Tiongkok.

Menurut laporan WSJ, Nintendo telah memindahkan produksi model Switch yang ada, serta dua model baru yang dirumorkan ke Asia Tenggara. Belum jelas dimana negara yang akan menjadi pusat produksi konsol Nintendo ini.

Switch ‘Baru’ yang Akan Miliki Dua Versi

Versi baru konsol Switch ini akan terbagi menjadi dua versi. Salah satunya dikatakan memiliki wujud yang mirip dengan model yang telah ada sekarang. Tetapi model ini akan memiliki fitur komponen dan jeroan yang lebih baik. Untuk versi lainnya, dikabarkan akan memiliki tampilan yang berbeda dengan spesifikasi lebih rendah yang membuatnya lebih murah.

Mengingat kedua versi baru Switch ini sudah memasuki tahap produksi, mungkin Switch baru akan segera dirilis, menurut laporan WSJ. Namun pihak Nintendo menolak mengomentari laporan tersebut ketika diwawancarai oleh WSJ.

BACA JUGA :  Gim Smartphone LovePlus EVERY Siap Meluncur November 2019

Tidak jelas kapan Nintendo dapat mengumumkan model Switch baru tersebut. Nintendo sendiri tidak mengumumkan adanya perangkat keras baru yang diluncurkan pada E3 tahun ini. Perusahaan yang terkenal dengan Mario dkk. itu hanya mengumumkan serangkaian gim baru, termasuk The Witcher 3 untuk Nintendo Switch, dan sekuel The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Nintendo memiliki sejarah panjang dalam menawarkan model konsol yang disempurnakan, terutama di sisi perangkat genggam. Versi baru Switch yang dikabarkan ini bukanlah generasi baru dari konsol Switch, tetapi hanya versi yang disempurnakan dari apa yang sudah ada di pasaran.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×