Dubber Legendaris Muhammad Abud Meninggal Dunia

Pop Kultur Jun 15, 2019

Hai, MedForians!

Kabar duka datang dari dunia voice acting Indonesia.

Muhammad Abud, salah seorang dubber legendaris Indonesia telah meninggal dunia pada hari Jumat, 14 Juni 2019 kemarin.

Berita ini di dapat dari fanpage Facebook Asmara Di tengah Bencana.

Almarhum Muhammad Abud memulai karirnya sebagai pengisi suara di Sanggar Prahtivi, mengisi suarakan beberapa program sandiwara radio. Salah satu sandiwara radio tersebut adalah Tutur Tinular, dimana almarhum memerankan tokoh Arya Dwipangga sang Pendekar Syair Berdarah. Almarhum juga menjadi salah satu penulis naskah untuk sandiwara radio Babad Tanah Leluhur.

Selain mengisi suara dan menulis naskah untuk sandiwara radio, almarhum juga mengisi suarakan acara-acara drama dan mimbar agama di stasiun televisi nasional TVRI pada era 80an. Saat stasiun televisi swasta mulai bermunculan, ia aktif mengisi suarakan beberapa serial luar negeri yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Selama bertahun-tahun dirinya dipercayakan untuk menangani proses dubbing untuk berbagai film dan serial buatan Walt Disney Studios, tak hanya di balik layar tapi juga sebagai dubber, dimana dia telah memerankan Chef Skinner di film animasi Pixar Ratatouille, Philoctetes (atau Phil) dalam film Hercules, Sleepy si Kurcaci dalam Snow White and the Seven Dwarfs, dan masih banyak lagi.

Segenap Redaksi Media Formasi turut berduka cita dan berbelasungkawa atas meninggalnya sang legenda voice acting Almarhum Muhammad Abud.

Sumber: Kaori Nusantara, Fanpage Facebook Asmara Di tengah Bencana

Tag

Aulia Raihan Hakim

Fan dubber, otaku, wrestling mark, casual gamer, movie goer, amateur writer.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.