Menu Tutup

Hongmeng OS Versi Global Buatan Huawei akan bernama Oak OS

Hai MedForians!

Kabar terbaru dari sistem operasi yang dikatakan akan menggantikan Android

Penamaan Versi Global

Varian dari sistem operasi Hongmeng versi global disebut bisa meluncur sekitar bulan September-November dan akan memiliki nama yang berbeda, yaitu Oak OS.

Dilansir dari Global Times melalui Detikcom, Senin (10/6) Huawei tengah menguji Hongmeng untuk pasar di negaranya sendiri China. Sementara untuk pasar global, Huawei akan menamakannya sebagai Oak OS.

CEO Consumer Business Group Huawei, Richard Yu, juga disebut memberi tanda-tanda bahwa OS Hongmeng bakal diluncurkan pada musim gugur tahun ini sekitar September-November. Sedangkan, menurut sumber yang dekat akan proyek tersebut merinci kalua pesaing Android ini hadir pada bulan Agusutus atau September.

BACA JUGA :  Realme 5 dan Realme 5 Pro, Ponsel 4 Kamera Harga Terjangkau

Sistem Operasi Pengganti

Nama Hongmeng belakangan sering muncul sehubungan dengan pembatasan oleh Google yang mengikuti arahan dari Pemerintah AS, setelah memasukkan Huawei ke daftar blacklist negara tersebut. Huawei sendiri disebut-sebut sudah mengembangkan Hongmeng sejak beberapa tahun.

Seorang analis industry melihat pembatasan Google kepada Huawei ini mungkin akan terasa dalam jangka pendek. Tapi bila dilihat secara jangka panjang justru menguntungkan Huawei karena dapat mengurangi ketergantungan perusahaan terhadap perusahaan asal AS itu.

Baru-baru ini, Google juga dikabarkan membela Huawei terkait pemblokiran perusahaan asal China itu oleh pemerintah AS. Menurut Google, pemerintah AS bisa memberikan teknologi kepada Huawei untuk menjaga keamanan nasional AS. Inti dari argumen Google adalah Huawei akan lebih berbahaya jika mereka terpaksa menggunakan Android versi modifikasi atau hybrid.

Bagaimana MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

BACA JUGA :  Huawei Mate 30 Pro Resmi Diumumkan, Gunakan Android, Kirin 990, dan 5G

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×