Menu Tutup

Kenalkan Libra, Mata Uang Digital Milik Facebook

Hai, MedForians!

Facebook resmi mengumumkan mata uang digital miliknya yang bernama Libra. Dengan Libra, pengguna Facebook dapat melakukan transaksi finansial di seluruh dunia.

Pengguna Libra dapat mengirim uang ke pengguna lain, pun bisa dipakai untuk membayar produk atau layanan yang mendukung penggunaan mata uang digital ini. Libra berbasis jejaring blockchain dan tak didesain sebagai aset spekulatif seperti bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif.

Facebook menyebut Libra bertujuan untuk menghubungkan orang-orang yang sebelumnya tak mempunyai akses ke platform perbankan tradisional. Dan dengan jumlah pengguna bulanannya yang mencapai 2,4 miliar orang, Libra bisa saja menggoyang sistem perbankan dunia.

Pada awalnya, Libra bakal lebih banyak digunakan untuk mengirim uang dari satu individu ke individu lain yang punya akses ke bank konvensional. Namun kedepannya, Libra ditujukan untuk membuat cryptocurrency arus utama, yaitu sebuah bentuk pembayaran terdesentralisasi yang nilainya stabil seperti dolar AS.

Libra bakal tersedia secara standalone alias berdiri sendiri, namun juga tersedia di platform WhatsApp dan Facebook Messenger. Mata uang ini paling cepat baru tersedia untuk publik pada 2020 mendatang.

Mata uang digital Libra (sumber: Facebook)

Meski dibuat oleh Facebook, ke depan Libra bakal dilepas ke komunitas yang lebih besar. Facebook sendiri sudah membentuk Libra Association dengan 27 partner untuk memantau Libra dan pengembangannya.

Asosiasi ini berisikan sejumlah perusahaan venture capital, organisasi nonprofit, perusahaan crypto, perusahaan finansial korporat, penyedia layanan teknologi dan telekomunikasi dan lainnya

Beberapa perusahaan besar yang sudah terdaftar dalam asosiasi ini antara lain adalah Coinbase, Mastercard, Visa, eBay, payPal, Stripe, Spotify, Uber, Lyft, dan Vodafone. Perusahaan ini juga berkontribusi pada Libra Reserve, yang merupakan kumpulan dana untuk memastikan setiap unit di mata uang Libra ini terjamin dengan mata uang fisik, bukan seperti Bitcoin.

BACA JUGA :  Microsoft Akan Matikan Aplikasi Cortana Akhir Januari 2020

Fakta mengenai Libra

Apa itu Libra?

Facebook mengatakan Libra adalah infrastruktur keuangan dan mata uang global. Dengan kata lain, Libra adalah aset digital yang dibuat Facebook dan ‘ditenagai’ dengan blockchain baru versi Facebook, yaitu teknologi terenskripsi yang dipakai juga oleh bitcoin dan cryptocurrency lain.

Kata Libra sendiri berasal dari bahasa Romawi kuno yang kerap dipakai sebagai ukuran berat. Simbol mata uang Poundsterling pun berasal dari L di Libra.

Kenapa Facebook Membuat Mata Uang Digital?

Facebook mengklaim ingin menjangkau 1,7 miliar orang di seluruh dunia yang belum punya akses perbankan. Akan tetapi Facebook berpotensi mengalami masalah dalam soal regulasinya walaupun sejauh ini belum ada halangan untuk Libra.

Siapa yang Mengatur Libra?

Berbagai perusahaan akan mendukung Libra dalam kelompok Libra Association. Organisasi ini menurut Facebook adalah non profit dan berbasis di Swiss. Fungsi pertamanya untuk memvalidasi transaksi di blockchain Libra dan mengatur aset di belakang Libra. Libra tak didesain sebagai aset spekulatif seperti Bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif.

Di Libra Association, akan ada badan pengatur bernama Libra Association Council yang terdiri dari para perwakilan perusahaan, masing-masing punya hak veto soal kebijakan dan keputusan yang diambil. 

Perusahaan yang menyumbang sedikitnya USD 10 juta akan dimasukkan dalam daftar pendiri Libra Associaton. Mereka termasuk PayPal, Ebay, Spotify, Uber, Lyft, Visa dan Mastercard.

Bagaimana Menggunakannya?

Ketika Libra dirilis, rencananya pada tahun 2020, user bisa download Calibra, sebuah dompet digital yang akan memungkinkan pengguna mengirimkannya pada siapapun dengan smartphone. Calibra akan tersedia di Messenger, WhatsApp dan sebagai aplikasi sendiri.

Belum jelas di negara mana pertama kali Libra diluncurkan. Facebook mengklaim hampir semua orang di dunia yang memiliki smartphone akan bisa download Calibra.

BACA JUGA :  Line dan Yahoo! Japan Umumkan Merger, Bakal Buat Super App

Apa yang Bisa Dibeli?

User bisa mengirim uang satu sama lain melalui Calibra. Selain transaksi di dalam aplikasi, Facebook ingin pula memfasilitasi penggunaan Libra dalam penggunaan sehari-hari.

Transportasi online Uber dan Lyft adalah investor Libra, sehingga kemungkinan user dapat membayar layanan mereka dengan Libra.

Apakah Libra Aman?

Facebook mengatakan akan mengimplementasikan teknologi untuk mencegah penipuan ataupun pencucian uang. “Kami akan menggunakan semua verifikasi yang sama dan proses anti penipuan yang dipakai di bank dan kartu kredit dan kami akan memiliki sistem otomatis yang secara proaktif mengawasi dan mencegah kelakuan curang,” cetus Facebook.

Akan ada juga dukungan untuk membantu user jika kehilangan akses ke akunnya atau kehilangan uang. Facebook akan mengembalikan uang jika diperlukan. Selain itu, hacker yang dapat menemukan celah keamanan di Libra akan diberi hadiah,

Bagaimana Facebook Menghasilkan Uang dari Libra?

Libra akan mengambil presentase kecil dari transaksi di blockchain. Biaya akan dibebankan pada vendor yang akan dibayar oleh mereka sendiri atau dibebankan kepada user.

Dikutip dari DetikInet.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×