Menu Tutup

Komikus Dragon Ball, Akira Toriyama Dapatkan Penghargaan Khusus dari Pemerintah Prancis

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari komikus Dragon Ball, Akira Toriyama. Beliau dikabarkan mendapatkan penghargaan khusus dari pemerintah Prancis.

Penghargaan khusus tersebut bernama Chevalier de l’Ordre des Arts et des Lettres (Knight of the Order of Arts and Letters) tersebut beliau terima pada 30 Mei lalu melalui perwakilan penerbit manga-nya, Akio Iyoku. Penghargaan ini diserah terimakan di Kedutaan Besar Prancis yang ada di Tokyo.

Akira Toriyama sendiri dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan jarang tampil di hadapan publik. Ia juga absen dari acara penghargaan tersebut, di samping kesibukannya sebagai kreator Dragon Ball.

Iyoku sempat meminta maaf dan menjelaskan alasan ketidak hadiran sang komikus kepada para komikus maupun fansnya di Prancis. Ia kemudian mengatakan pesan dan kesan dari sang komikus yang dititipkan kepadanya.

“Toriyama selalu sangat berterima kasih kepada penggemarnya yang berasal dari Prancis, yang telah menghargai karya-karyanya sejak awal karirnya. Sayangnya, Toriyama hampir tidak pernah menghadiri upacara. Jadi, saya mendapat kehormatan menerima penghargaan ini di tempatnya. Dia menginstruksikan saya ingin memberi tahu Anda betapa terhormatnya dia untuk menerima penghargaan ini dari negara Anda,” ujar Iyoku.

BACA JUGA :  Masayuki Suzuki, Sang "Raja Lagu Cinta" Asal Jepang

Dragon Ball karya Toriyama dikreditkan sebagai manga populer kedua di Prancis setelah One Piece. Popularitas serial ini naik berkat adaptasi anime yang ditayangkan sebagai bagian dari program televisi anak-anak Club Dorothée pada era 1980-an. Penerbit asal Prancis Glénat lalu menerbitkan manga ini pada tahun 1993 dan dengan cepat menjadi fenomena budaya.

Sebelum Toriyama, beberapa komikus dan kreator Jepang juga sempat mendapatkan penghargaan ini. Diantaranya adalah Katsuhiro Otomo (Akira) di tahun 2014, Jiro Taniguchi (The Summit of the Gods) pada 2011, Leiji Matsumoto (Galaxy Express 999) pada 2013, Takeshi Kitano di tahun 2010, dan terakhir Isao Takahata (Grave of the Fireflies) di tahun 2015.

BACA JUGA :  Mengenal Sōran Bushi dari Anime Kaguya-sama: Love is War

Selain Dragon Ball, Toriyama sempat meluncurkan manga komedi terkenal Dr. Slump pada 1980-1984. Sejak 2015, beliau meluncurkan sekuel Dragon Ball, Dragon Ball Super yang diilustrasikan oleh Toyotarou.

Sumber: Anime News Network, Crunchyroll

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×