Menu Tutup

[#KuliahDesain] Tutorial Membuat Sampul Cerita Wattpad Yang Baik dan Benar

Hai, MedForians!

Kembali lagi di Rubrik Kuliah Desain.

Wattpad merupakan wadah bagi penulis dan pengarang untuk bercerita. Biasanya anak muda jaman sekarang suka membaca beberapa novel terbaik di Wattpad, misal yang bergenre fanfiction soal Oppa-oppa kesayangan mereka.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat projek cerita di Wattpad, salah satunya adalah desain sampul cerita agar dapat menarik perhatian audiens untuk membaca projek kita.

Kali ini, Kuliah Desain akan memberikan materi mengenai cara tepat untuk membuat sampul cerita wattpad.

Salah kaprah dalam membuat sampul cerita di wattpad

Mungkin di antara pembaca wattpad sering melihat desain sampul cerita yang mungkin bagi orang yang melek desain masih bisa dibilang “masih belum memenuhi standar desain yang baik dan benar.”

Mengapa demikian? Begini, beberapa desain sampul cerita yang pernah penulis lihat masih ada yang salah dalam pemilihan dan peletakan font, gambar, warna, dan lain lain.

Mungkin selera orang juga berbeda, ada yang senang dengan desain itu, ada juga yang “gatel” ingin me re-design sampul itu. Itu bergantung kepada selera pembuat desain sampul itu sendiri.

Yang Perlu dipersiapkan sebelum membuat desain sampul cerita

Hal-hal yang perlu dipersiapakan sebelum membuat desain sampul cerita ialah sebagai berikut:

  1. Gambar/Ilustrasi yang nyambung dengan cerita

Catatan: Gambar boleh berasal dari mana saja, baik Pinterest, Forum Komunitas kreator Wattpad atau apapun. Perlu diingat, kalau ceritamu ingin dipublikasikan untuk komersial, sebaiknya meminta izin dulu kepada ilustrator yang karyanya kalian pakai.

Saran dari redaksi sebaiknya menggunakan gambar dari penyedia stock image yang gratis semisal Freepik, Pixabay ataupun Unsplash. Remember, no stretched images and use best resolution.

  • Pemilihan font tulisan yang baik

Catatan: Pemilihan font alangkah baiknya disesuaikan dengan genre cerita. Jangan misalnya kalian membuat cerita horor, tapi justru menggunakan font yang harusnya cocok dengan cerita romance.

  • Aplikasi desain/ilustrasi

Catatan: Bagi kalian pengguna telepon pintar, kalian bisa memanfaatkan aplikasi Photo Editor atau Picsart. Kalau di PC, kalian bisa pakai Photoshop, GIMP, Illustrator, Inkscape, Powerpoint dan lain lain.

  • Pemahaman soal desain grafis

Catatan: kalian bisa membaca beberapa artikel Kuliah Desain sebelumnya.

Membuat desain

  1. Buka aplikasi desain kesayanganmu (disini penulis menggunakan Inkscape), lalu ubah ukuran dokumen menjadi 1024×1600 melalui Documents Propeties dengan menekan Ctrl+Shift+D

2. Siapkan gambar yang kamu telah unduh barusan

3. Impor gambar tersebut dengan cara men drag file gambar itu ke jendela Inkscape lalu klik OK

4. Atur ukuran gambar tersebut. Jika perlu, kamu bisa melakukan crop pada gambar itu dengan cara buat sebuah shape yang seukuran dengan dokumen yang kamu buat lalu klik kanan>set clip (dengan catatan kamu harus men-select objek gambar dan shape tersebut).

5. Tambahkan beberapa teks pada gambar tersebut seperti judul cerita, nama pengarang dan quotes yang berkaitan dengan isi cerita yang kamu buat.

Jangan lupa untuk mengatur posisi teks serapih mungkin dan usahakan Remember, no stretched texts!. Jika perlu, kalian boleh menambah shape untuk dekorasi tambahan.

6. Jika dirasa sudah cukup, kalian bisa mengekspor dokumenmu menjadi gambar PNG (Caranya tekan Ctrl+Shift+E, atur dimana kalian akan menyimpan file itu, dan atur juga ukurannya menjadi 1024×1600, lalu klik ekspor), dan siap digunakan.

Maka hasil jadinya akan seperti ini:

Demikian Materi Kuliah Desain kali ini. Jika ada yang ingin memberikan saran boleh mengirimkan komentar di bawah.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×