Layanan Biro Jodoh Jepang Gunakan Sampel DNA Untuk Bantu Mencari Kecocokan Calon Pasangan

Pop Kultur 7 Jun 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir untuk kalian yang lelah menjomblo atau susah mencari pasangan. Kali ini, sebuah layanan biro jodoh di Jepang menggunakan cara unik untuk membantu mencari kecocokan calon pasangan.

Dilansir dari SoraNews24, Jumat (7/6), sebuah layanan jodoh bernama Nozze baru saja memulai Kursus Pencocokan DNA pada bulan Januari tahun ini. Metode ini sendiri mirip seperti kasus di anime Koi to Uso.

Sejak menggunakan metode tersebut, layanan biro jodoh dengan 25 tahun pengalaman ini semakin populer sejak, dengan ratusan orang mendaftar setiap bulan.

Faktanya, perusahaan Nozze baru saja mengadakan Pesta Pencocokan DNA yang pertama di lingkungan Ginza Tokyo bulan lalu, untuk mencoba mencocokkan 26 pria dan wanita.

Untuk bergabung dengan layanan ini, pelamar harus membayar 32.400 yen (Rp 4,2 juta), ditambah 54.000 yen (Rp 7,1 juta) untuk pengujian DNA.

DNA didapat melalui ekstraksi dari air liur, dan para ilmuwan secara khusus memeriksa kompleks gen HLA untuk kecocokan, atau lebih tepatnya, perbedaan, di antara peserta.

Gen HLA, yang secara umum berkaitan dengan sistem kekebalan, memiliki sekitar 16.000 variasi, yang tampaknya dapat membentuk perbedaan utama dalam daya tarik yang dirasakan di antara manusia.

Beberapa ilmuwan yang menemukan ilmu di balik perjodohan genetik sempat meragukan metode ini. Namun, pelan tapi pasti, keraguan tersebut mulai menghilang.

Teori prinsipnya yang digunakan Nozze adalah bahwa pria dan wanita secara alami lebih suka pasangan dengan lebih banyak variasi dalam DNA mereka, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan keturunan yang layak.

Menurut Klinik Takanawa dari Laboratorium Medis Shinagawa, yang menangani tes DNA untuk Nozze, semakin banyak perbedaan yang dimiliki dua orang di antara gen HLA mereka, semakin banyak pria yang terlihat menarik bagi wanita, dan semakin tinggi peluang kehamilan di antara mereka.

Salah satu contoh adalah semisal pasangan 100% kompatibel jika 0 persen dari alel HLA mereka cocok. Dengan cara ini, perusahaan menawarkan kriteria alternatif untuk menemukan pasangan yang cocok, daripada menggunakan faktor-faktor seperti profesi, pendapatan, atau penampilan.

Di Pesta Pencocokan DNA pertama Nozze bulan lalu, 26 pria dan wanita pertama kali bertemu dari balik layar bambu untuk menghindari prasangka apa pun berdasarkan penampilan.

Mereka melalui proses kencan kilat yang unik, di mana pria dan wanita bercakap-cakap selama tiga menit, sampai bel berbunyi dan para pria bergerak di satu kursi.

Setelah mereka menyelesaikan satu putaran, layar dinaikkan, dan mereka melakukan proses lagi sambil berbicara tatap muka. Setelah itu, mereka dapat memilih hingga tiga calon pasangan yang mereka sukai.

Berkat sistem ini, empat pasangan telah terjalin, dan menurut penyelenggara pesta, semuanya memiliki peringkat kompatibilitas DNA lebih dari 80 persen.

Salah satu pasangan, seorang pria berusia 41 tahun dan seorang wanita berusia 32 tahun, memiliki peringkat kompatibilitas hingga 98 persen.

Ketika diwawancarai oleh Livedoor News, wanita itu berkata, “Karena saya tahu itu adalah pertandingan yang baik, saya merasa mudah untuk berbicara dengannya”.

Sementara, pria itu mengatakan sedikit membantu untuk mengetahui seberapa cocok secara genetik mereka. Rupanya, mereka langsung cocok, setelah acara mereka memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar Ginza bersama.

Secara global, ini bukan layanan baru, karena perusahaan di negara lain telah menawarkan perjodohan genetik selama beberapa tahun. Tetapi di Jepang, ini tampaknya menjadi yang pertama, dan perkembangan yang menarik bagi para lajang Jepang yang telah siap.

Bagi mereka yang terlalu malu untuk pergi keluar dan bertemu orang dengan cara tradisional atau terlalu muak dengan bertemu orang online, atau yang tidak sabar untuk bertemu calonnya, ini bisa menjadi cara cepat untuk menemukan cinta sejati, bahkan jika itu dirancang oleh biologi, dan bukan oleh takdir.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.