Menu Tutup

Layanan Google Sempat Down di AS, Ini Penyebabnya!

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Google. Sejumlah layanan milik Google seperti YouTube, Gmail, dan G Suite ternyata sempat down di sejumlah area di Amerika Serikat.

Tak cuma itu, ada juga layanan seperti Snapchat, Nest, Discord, dan sejumlah layanan web lain yang juga down.

Beberapa wilayah Eropa juga dilaporkan

Dilansir dari The Verge melalui detikINET, Senin (3/6), penyebab down tersebut adalah adanya masalah layanan Cloud milik Google yang menjadi tulang punggung layanan-layanan di atas.

Google membutuhkan waktu empat jam untuk memperbaiki masalah tersebut, dan kini layanan Cloud tersebut sudah normal kembali.

Kebanyakan dari layanan itu mengalami down di area East Coast AS.  Beberapa wilayah lain terdampak yang cukup parah ada di bagian wilayah utara Amerika Serikat, sebagian wilayah Texas, dan California Selatan.

Tak hanya itu, down-nya YouTube dan Gmail ini disebut juga dialami oleh pengguna di Eropa seperti Inggris, Jerman, dan Austria. Google menyebut adanya kepadatan jaringan tingkat tinggi di area Timur AS yang menyebabkan masalah tersebut.

BACA JUGA :  Google Stadia Siap Rilis November 2019

“Kami meminta maaf atas pihak yang terdampak dari masalah ini,” ujar Google dalam pernyataan resminya.

“Masalah kemacetan jaringan di Amerika bagian timur yang memengaruhi Google Cloud, G Suite, dan YouTube telah diperbaiki untuk semua pengguna terdampak pada pukul 16.00 di AS/Pasific,” klaim Google, dilansir dari Phone Arena melalui Kompas Tekno.

“Kami akan melakukan post mortem dan membuat peningkatan yang lebih baik bagi sistem kami untuk mencegah kejadian ini terjadi lagi. Kami memohon maaf kepada yang terdampak masalah yang terjadi hari ini” jelas Google.

Sementara itu, dilansir dari Tech Crunch melalui Kompas Tekno, kendati demikian, kejadian ini bisa menjadi pertimbangan para perusahaan yang menggantungkan layanan Cloud Google.

banyak perusahaan yang menandalkan seluruh sistem backend-nya hanya di satu perusahaan saja, seperti Google.

BACA JUGA :  Gojek Bakal Hadirkan Konten Anime dan Jejepangan di Indonesia

Keuntungannya memang lebih banyak, terutama pada kemampuan operasional yang lebih mudah, tapi risiko semacam ini akan tetap mungkin terjadi.

Saat layanan cloud semakin berkembang ke depannya, perusahaan harus memikirkan rencana lain jika saja layanan cloud andalannya mengalami error.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×