MeshTalk, Aplikasi Chatting Oppo Tanpa Internet atau Pulsa

Teknologi 29 Jun 2019

Hai, MedForians!

Aplikasi chatting terbaru dari Oppo ini sepertinya berbeda daripada yang lain!

Semakin Terikat Jaringan

Revolusi komunikasi via pesan teks semakin banyak berubah. Jika dulu SMS menjadi layanan penting, fungsinya kini digantikan aplikasi layanan pesan instan yang menggunakan jaringan internet sebagai pengganti pulsa.

Inovasi lain juga sedang disiapkan vendor smartphone asal China, Oppo.

Dilansir dari KompasTekno, mereka memperkenalkan MeshTalk, layanan pesan instan yang tidak membutuhkan pulsa, paket data, WiFi, maupun Bluetooth untuk berkirim pesan.

MeshTalk bisa memuat pesan berupa teks, suara, hinga telepon ke sesama ponsel Oppo. Lantas, bagaimana cara mengoneksikan antar pengguna? MeshTalk merupakan layanan terdesentralisasi dengan menggunakan sistem end-to-end. Ia menggunakan sinyal yang terbenam di dalam perangkat.

Sinyal ini bisa menciptakan area lokal secara ad hoc untuk menghubungkan antar perangkat Oppo hingga jarak tiga kilometer.

Masih Dikembangkan

Oppo mengklaim layanan ini tidak akan banyak mempengaruhi usia baterai. Bahkan Oppo mengklaim aplikasi MeshTalk tetap bisa berfungsi saat daya ponsel sedang kritis.

Menurut Oppo, MeshTalk bisa dimanfaatkan untuk IoT, navigasi dalam ruangan, dan marketing. Kemudian, dilansir dari Android Authority, dikatakan bahwa layanan ini belum final.

Mereka masih akan memperbaiki beberapa hal seperti konsumsi daya dan kekuatan sinyal. Belum diketahui kapan layanan ini akan diluncurkan.

Selain itu, mereka tidak menjabarkan model atau spesifikasi ponsel apa yang bisa digunakan untuk mengakses MeskTalk.

Sudah Pernah Ada

Sebelumnya, layanan semacam ini bukanlah baru pertama muncul. Tahun 2014 lalu, layanan serupa muncul dengan nama FireChat. Namun saat itu, layanan tersebut masih bertumpu pada koneksi Bluetooth dan peer-to-peer WiFi.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian tertarik pada aplikasi ini? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast