NASA Umumkan Buka Wisata ke Luar Angkasa, Ini Biaya dan Tarifnya!

Teknologi 9 Jun 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari NASA. NASA dikabarkan akan membuka kesempatan wisata ke luar angkasa bagi warga sipil, tapi tentunya dengan biaya tidak murah.

Dikutip dari Reuters melalui detikINET, Minggu (9/6), NASA mengizinkan masyarakat umum tinggal di International Space Station (ISS) selama maksimal sebulan. Adapun ongkos keberangkatan di kisaran USD 50 juta atau sekitar Rp 711 miliar.

Dibukanya kesempatan itu menandakan komersialisasi antariksa sudah di ambang pintu. Warga yang mampu membayar akan diangkut menggunakan kapsul ke ISS yang dikembangkan oleh Boeing serta SpaceX

Kedua perusahaan itu akan mengantar astronot dari tanah Amerika Serikat untuk pertama kali dalam dua dekade. Sebelumnya, NASA mengandalkan roket Rusia untuk penerbangan awak ke antariksa.

NASA akan mengizinkan dua kali perjalanan dalam setahun bagi warga biasa, dengan durasi tinggal sampai selama 30 hari. Misi pertamanya diestimasi terlaksana pada 2020.

Diperkirakan, biaya penerbangan tembus USD 50 juta. Sebagai tambahan, NASA juga membebankan biaya untuk makanan ataupun komunikasi selama warga berada di ISS. Jumlahnya di kisaran USD 35 ribu per malam atau setara dengan Rp 499 juta dalam kurs saat ini.

Komersialisasi ISS sudah lama dipandang sebagai salah satu cara untuk menekan biaya operasional. Selain itu, NASA juga sedang mencari banyak dana untuk misi pendaratan manusia ke bulan pada 2024 mendatang.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.