Oppo dan Xiaomi Pamerkan Prototipe Kamera Di Bawah Layar

Teknologi 3 Jun 2019

Hai, MedForians!

Oppo dan Xiaomi akhirnya berhasil menemukan solusi untuk menyembunyikan kamera ke bawah layar.

Perusahaan ponsel di dunia saat ini tengah mencari cara untuk menghilangkan bezel pada ponsel namun tetap mempertahankan fitur kamera depan, mulai dari menggunakan notch, punch hole, dan pop-up.

Namun beberapa waktu lalu secara mengejutkan, Oppo dan Xiaomi memamerkan sebuah ponsel prototipe dengan kamera dibawah layar.

VP dari Oppo, Brian Shen mengunggah sebuah klip ke akun weibo miliknya yang menunjukkan ponsel prototipe tanpa notch. Aplikasi kamera diluncurkan, dan meskipun tak adanya kamera yang nampak, layar masih tampak menunjukkan tampilan langsung langit-langit ruangan.

”At this stage, it’s difficult for under-display cameras to match the same results as normal cameras, there’s bound to be some loss in optical quality,” tulis Shen melalui kutipan dari laporan Endgadget.

“But, no new technology jumps to perfection right away.”

Selain untuk menambah kredibilitas ke video, Brian Shen juga menunjukkan di mana posisi kamera seharusnya disembunyikan. Tak lama setelah itu, akun resmi Oppo mengunggah ulang video tersebut ke Twitter.

Sedangkan Xiaomi melalui akun Weibo Lin Bin (Presiden dari Perusahaan Xiaomi) memamerkan sebuah klip yang menampakkan ponsel prototipe dari Mi 9, yang menggunakan kamera dibawah layar dan membandingkannya dengan Mi 9 yang versi final.

Agar tidak terkesan mengekor dari Oppo, Lin Bin menyebut kalau video yang diunggahnya itu direkam sebulan lalu. Jadi bisa diartikan bahwa mereka sudah punya lebih dulu ketimbang Oppo.

“Ini adalah video singkat yang direkam bulan lalu, menggunakan engineering prototipe Mi 9 yang membawa teknologi full screen camera. Tanpa notch tetesan air, tanpa pop-up dan layar penuh, apakah kamu suka,” tulis pria berkacamata itu. 

Sama seperti bos Oppo, Lin Bin tidak menginformasikan kapan ponselnya ini akan dikomersialkan. Bisa jadi tahun ini mengingat kabar Oppo akan merilis ponsel dengan kamera di bawah layar tahun ini.

Bagaimana menurut MedForians? Apakah kamera dibawah layar ini akan menjadi tren yang berguna pada masa depan? Tulis pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Muhammad Fadly Saripudin

Tech & J-Pop Enthusiast | Graphic Design & Videography

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.