Menu Tutup

Oppo Ungkap Ponsel dengan Kamera Tertanam di Layar

Hai, MedForians!

Sepertinya Oppo membuat terobosan terbaru di ponsel terbarunya!

Teknologi Terbaru

Beberapa tahun belakangan, para vendor smartphone masih berkutat mencari solusi bagaimana memperluas layar smartphone. Tapi di sisi lain, kamera depan masih menjadi keniscayaan.

Salah satu jalan keluarnya adalah memperkecil bingkai (bezel) dengan memunculkan beragam bentuk “notch” atau poni. Ada pula vendor yang memilih mekanise kamera naik-turun atau pop-up.

Inovasi baru akhirnya dikeluarkan Oppo. Vendor smartphone asal China itu memamerkan ponsel pertamanya yang megusung kamera depan yang tertanam di bawah permukaan layar.

Teknologi ini kurang lebih mirip dengan sensor pemindai sidik jari dalam layar, yang sudah mulai diaplikasikan ponsel flagship saat ini.

Ponsel kamera depan di bawah permukaan layar atau diistilahkan Oppo sebagai “under screen camera (USC)” diumbar dalam acara Mobile World Conference 2019 Shanghai yang berlangsung pekan ini.

BACA JUGA :  Laptop Murah Google Pixelbook Go Resmi Dirilis

Dilansir dari KompasTekno dan The Verge, layar ponsel menggunakan bahan transparan yang telah dikustomisasi.

Bahan ini diklaim mampu bekerja dengan struktur piksel yang telah dirombak ulang. Perombakan ini memungkinkan cahaya masuk melalui kamera.

Perusahaan ini mengatakan, sensor kamera ini lebih besar dibanding kamera depan lainnya, karena memiliki bukaan lensa (aperture) yang lebih lebar.

Kualitas Kamera Terjamin

Area layar tempat “rumah” sensor kamera juga tetap bisa dioperasikan dengan sentuhan. Oppo mengklaim, meski kamera terbenam di dalam layar, kualitas kamera akan tetap aman.

Mereka mengakui posisi kamera seperti itu akan mengurangi kualitas gambar, seperti hasil foto berkabut, silau, dan pewarnaan yang kurang baik.

Untuk mengakalinya, Oppo menggunakan algoritma software sebagai penyokong hardware kamera.

Kualitas kamera yang terbenam di bawah layar ini tidak kalah saing dengan ponsel berkamera depan konvensional yang beredar di pasaran saat ini. Teknologi ini dijanjikan akan hadir di lini ponsel Oppo dalam waktu dekat.

BACA JUGA :  Dua Smartphone Perdana Buatan Rwanda Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya!

Biasanya, perusahaan memamerkan purwarupa ponsel dulu sebelum benar-benar dirilis ke pasaran, meski memakan waktu cukup lama.

Hal itu sempat terjadi pada teknologi periskop 10x zoom yang akhirnya “menetas” dalam wujud Oppo Reno.

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×