Ribut dengan AS, Huawei Didukung Malaysia

Teknologi 3 Jun 2019

Hai, MedForians!

Berita berikut ini mengenai Malaysia yang akan menggunakan produk Huawei sebanyak mungkin.

Dilansir dari Selular.ID, Minggu (2/6), Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, dalam sebuah konferensi di Tokyo, Kamis (30/5), mengatakan Malaysia akan terus menggunakan produk Huawei “sebanyak mungkin”, melawan tren global yang dipicu oleh kekhawatiran keamanan dan larangan AS terhadap perusahaan China tersebut.

“Ya, mungkin ada beberapa mata-mata. Tapi apa yang ada untuk memata-matai (tepatnya) di Malaysia? Kami adalah buku terbuka,” kata pria 93 tahun itu di forum Future of Asia.

Beliau mengakui masalah keamanan yang berkembang saat ini, tetapi mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menghalangi ekspansi Huawei ke Malaysia.

Ia juga mengatakan Huawei memiliki akses ke penelitian jauh lebih besar daripada seluruh penelitian Malaysia yang setara.

“Jadi kami berusaha memanfaatkan teknologi mereka sebanyak mungkin. Semua orang tahu, jika ada negara yang ingin menyerbu Malaysia, mereka bisa melewatinya, dan kami tidak akan melawan karena itu buang-buang waktu,” tambahnya.

Di sisi lain, dirangkum dari detikInet, Duta besar China untuk Malaysia, Bai Tian, menulis artikel sebagai bentuk apresisasi sebagai bentuk apresiasi untuk Malaysia, sekaligus bentuk penghargaan atas persahabatan 45 tahun kedua negara tersebut.

Dalam artikel yang dilansir Business Insider, Bai Tian menggunakan judul “Friendship Forever China-Malaysia” yang diposting di Facebook.

Dalam artikel tersebut, Tian mengisahkan tentang bagaimana Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sejak dulu selalu menjaga tali silahturami dengan Cina. Ini telah terbukti dengan kunjungan Mahathir sebanyak 9 kali dalam 2 masa jabatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia.

Selain itu, diungkapkannya juga hasil berbagai proyek kerja sama antara kedua negara selama ini, seperti East Coast Rail Link (ECRL) dan Bandar Malaysia yang diaktifkan kembali. Di akhir tulisan sebanyak 1.171 kata ini, Tian berharap agar persahabatan kedua negara tetap terjaga.

Sumber: Selular.ID, detikinet

Tag

Samana Yoga

Media Formasi Author