Seluruh Situs Cloudflare Sempat Down, Discord Ikut Kena Imbasnya!

Teknologi 25 Jun 2019

Hai, MedForians!

Baru-baru ini, seluruh situs yang di bawah naungan DNS Cloudflare sedang down, Discord pun terkena imbasnya! Apa sebabnya?

Ini dikarenakan adanya masalah Route Leak dari CDN milik Cloudflare, membuat seluruh server CDN dari Cloudflare down hari ini (24/6) sejak pukul 18:43 WIB lalu dan teridentifikasi pada pukul 19:02 WIB.

Sebagian besar situs web, mulai dari Discord, Crunchyroll, Feedly, dan banyak situs lainnya yang menggunakan CDN Cloudflare terkena dampak tersebut. Pihak Cloudflare sendiri telah memberikan informasi resmi bahwa Route Leak tersebut sudah diatasi pada pukul 20:02 WIB lalu.

“Kebocoran ini berdampak pada banyak layanan internet termasuk Cloudflare, kita tetap bekerja dengan network provider yang membuat route leak ini terjadi untuk mengatasinya.”, ucap perwakilan Cloudflare pada situs resminya.

Cloudflare sendiri tidak menyebutkan internet provider mana yang menyebabkan hal tersebut, namun Verizon juga mengalami isu yang serupa sepanjang wilayah pantai timur Amerika, pagi ini waktu setempat.

CloudFlare sendiri adalah jaringan pengiriman konten yang bertindak sebagai penghubung antara website dan visitor (pengunjung situs). Mereka melayani cache konten statis dari lokasi terdekat, sehingga menjadikan proses loading sebuah website lebih cepat. Tujuan lainnya supaya website terhindar dari serangan berbahaya yang dilakukan oleh pengunjung website. 

Bagaimana menurut kalian, MedForians? Apakah ini merugikan kalian? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Muhammad Fadly Saripudin

Tech & J-Pop Enthusiast | Graphic Design and Videography