Menu Tutup

Sorachi Hideaki Resmi Akhiri Manga Gintama

Hai, MedForians!

Manga Gintama yang sudah diterbitkan selama 15 tahun lamanya kini telah berakhir. Manga ini berakhir di chapter terbarunya yang dirilis pada 20 Juni lalu, yakni pada chapter 704.

Akhir manga dari Gintama ini dapat dibaca melalui Gintama Official yang bisa diunduh melalui Play Store, namun aplikasi ini hanya dapat diunduh pada region Jepang saja.

Chapter terbaru ini dirilis sebanyak 59 halaman. Pada halaman terakhir dari chapter ini, Sorachi Hideaki mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya karena telah setia untuk membaca Gintama selama 15 tahun ini. Volume akhir dari Gintama, volume 77, akan dirilis pada 2 Agustus mendatang. Volume ini akan berisi sebanyak 360 halaman. Ditambah, akan ada sebuah buku akhir dari suatu karakter besar yang akan dirilis.

Gintama merupakan sebuah manga sci-fi dengan drama dan komedi yang menceritakan tentang bagaimana Sakata Gintoki menyelesaikan masalah-masalah sulit di zaman Edo yang dikuasai oleh alien bernama Tento (Amanto).

BACA JUGA :  Sally Amaki Konfirmasikan Kedatangannya di Acara Creators Super Fest 2019

Manga Gintama pertama kali dirilis pada Desember 2003 oleh Sorachi Hideaki. Gintama telah diadapatasi menjadi serial animasi serta film live action. Serial animasi pertama Gintama dirilis pada tahun 2006 hingga 2010, sedangkan musim kedua dari anime ini dengan judul Gintama’ dirilis pada 2011 hingga 2012.

Melalui website official dari Gintama, terdapat sebuah kampanye yang dirilis sebagai peringatan atas berakhirnya Gintama. Pada komik mini di website tersebut, diceritakan bahwa tidak ada seorang pun yang tahu kapan serial tersebut akan berakhir, jadi semua member yang merasakan krisis tersebut tidak merasa gembira.

Karena itulah editor akan merasa bahagia jika mendapatkan komentar dari pembaca. Komentar yang diterima akan diterbitkan sebagai iklan di koran pada 2 Agustus, saat volume 77 dari manga tersebut beserta sebuah fanbook dengan judul ‘Kojingu’ dirilis.

BACA JUGA :  Penayangan Film Spinoff Violet Evergarden Dipastikan Kembali Lanjut

Komentar dari pembaca Gintama dapat dilakukan di Twitter dari 20 Juni hingga 20 Juli. Komentar harus menyertakan tagar #goodbyeGINTAMA dan menyebutkan akun @jump_henshubu. Terdapat limit dari jumlah komentar yang akan diterbitkan, jika komentar sudah mencapai limit, maka kampanye ini akan ditutup.

Adakah pesan kesanmu terhadap Gintama?

Sumber : Official Website Gintama

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×