Menu Tutup

Ulang Tahun Ke-40 Kinnikuman Dirayakan Dengan Dua Proyek Besar

Hai, MedForians!

Di tahun 1979 silam, sebuah manga karangan duo Yudetamago yang terdiri dari Yoshinori Nakai dan Takashi Shimada, pertama kali diterbitkan di majalah Weekly Shonen Jump. Manga tersebut dikenal sebagai salah satu karya bergenre Shonen yang menginspirasi banyak anime seperti Fist of the North Star, Dragon Ball, One Piece, Naruto, dan masih banyak lagi.

Manga ini berjudul Kinnikuman (Muscle Man). Kinnikuman awalnya dibuat sebagai parodi dari serial tokusatsu Ultraman, namun lama kelamaan serial ini menjadi serial superhero dengan tema gulat profesional, dimana para manusia super yang dikenal sebagai Chojin bertarung di arena gulat untuk menentukan nasib alam semesta. Ada Chojin yang bertarung demi menjaga kebajikan, ada pula Chojin yang bertarung dengan menghalalkan segala cara untuk bisa menjadi yang terkuat. Salah satu Chojin baik ini adalah Suguru Kinniku atau yang biasa dijuluki Kinnikuman, sesosok alien dari Planet Muscle yang terdampar di Bumi sejak masih kecil dan bekerja sebagai seorang superhero. Dia sering menjadi bahan tertawaan masyarakat Jepang karena kepribadiannya yang malas dan mesum, sehingga dia tidak dianggap serius sebagai pahlawan.

Suatu ketika, salah satu alien yang juga datang dari Planet Muscle bernama Meat datang menjemput Suguru ke kampung halamannya, dimana dia sebenarnya adalah pangeran dari planet tersebut. Sebelum dirinya diangkat sebagai raja baru untuk menggantikan ayahnya, Mayumi, Kinnikuman harus mengikuti beragam turnamen gulat profesional antar galaksi dan membuat bangga kaumnya. Selama berkarir sebagai pegulat super dia bertemu dengan banyak teman dan musuh, dan bersama dengan sahabat-sahabatnya dia membentuk tim pembasmi kejahatan bernama Justice Chojin atau Muscle League.

Manga Kinnikuman terbit di majalah Weekly Shonen Jump dari tahun 1979-1987, dan telah di adaptasi menjadi serial anime oleh Toei Animation yang tayang dari tahun 1983-1986 dengan total 137 episode, dilanjutkan dengan sekuel yang dirilis sebanyak 46 episode pada tahun 1991-1992.

Di tahun 2011, Yudetamago melanjutkan cerita Kinnikuman. Tapi kali ini, kelanjutan ceritanya diterbitkan secara online di situs Shū Play News, yang juga merupakan situs resmi untuk majalah Weekly Playboy terbitan Shueisha, perusahaan yang juga menerbitkan Weekly Shonen Jump. Cerita Kinnikuman yang baru ini dikategorikan sebagai Seinen, tak hanya dari tempat terbitnya tapi juga konten didalamnya yang kini menargetkan pembaca dewasa.

Tahun ini, serial Kinnikuman telah berusia 40 tahun, dan ada dua proyek besar yang dibuat untuk merayakannya. Kedua proyek tersebut adalah sebagai berikut.

Good Bye, Muscle Man!

Proyek pertama adalah sebuah manga one-shot berisi 47 halaman yang terbit di edisi ke-29 majalah Weekly Shonen Jump tahun ini. Manga ini berjudul The ‘Goodbye, Kinnikuman’ Story, dan akan menceritakan 10 anggota Justice Chojin yang akan menghadiri pesta pensiun sahabat mereka, Kinnikuman. Dirilisnya manga ini menandakan untuk pertama kalinya cerita Kinnikuman terbit kembali di Shonen Jump setelah 11 tahun vakum di majalah tersebut. Edisi terbaru Shonen Jump dengan cerita Kinnkuman baru ini dirilis pada hari Senin (17/6) ini.

OMG A NEW ANIME?! nope.avi

Proyek kedua adalah sebuah video pendek berdurasi 5 menit yang berisikan momen-momen penting yang terjadi di sepanjang cerita Kinnikuman, mulai dari tahun 1979 hingga kini. Meski minim animasi, fans Kinnikuman pasti akan menyukai penampilan para karakter Kinnikuman dalam art style yang modern.

Video ini di upload ke channel YouTube Shū Play News (shupure). Semoga saja dirilisnya video spesial ini menandakan bahwa Kinnikuman akan mendapat adaptasi anime yang baru.

Sumber: Comic Natalie, shupure

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×