Menu Tutup

Windows Terminal Kini Hadir di Microsoft Store

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Windows Terminal. Aplikasi terminal open source tersebut telah hadir di Microsoft Store.

Fitur utamanya sendiri termasuk banyak tab, dukungan karakter Unicode dan UTF-8, mesin rendering teks berakselerasi GPU, dan tema, gaya, serta konfigurasi khusus.

Pengguna dapat mengunduh versi preview Terminal Windows dari Microsoft Store jika memiliki Windows 10 versi 18362.0 atau lebih tinggi.

Harap diingat bahwa ini adalah pratinjau awal dan akan diperbarui secara berkala dengan perbaikan fitur dan perbaikan bug. Jika pengguna ingin meminta fitur-fitur baru, melaporkan laporan bug, atau bahkan mengirimkan permintaan tarik, jangan ragu untuk memeriksa repo Terminal di GitHub.

Catatan untuk komunitas GitHub 👉 jika kalian sedang membangun Terminal Windows dari repositori GitHub menggunakan konfigurasi build default, maka versi Microsoft Store akan berjalan berdampingan dengan build lokal.

Aksesibilitas

Windows Terminal menjadikan pengalaman Terminal para pengguna lebih inklusif dan mengatasi masalah serta permintaan fitur dari pengguna yang mengandalkan teknologi bantuan.

Prioritas utama untuk Terminal adalah memasukkan dukungan yang kuat untuk aksesibilitas, seperti yang bisa dimiliki hari ini dalam pengalaman baris perintah default pada Windows. Banyak dari pekerjaan ini sudah selesai dan ini adalah prioritas utama Microsoft untuk mendukung teknologi bantu dalam pembaruan berikutnya ke Microsoft Store.

BACA JUGA :  Line dan Yahoo! Japan Umumkan Merger, Bakal Buat Super App

Menyesuaikan Terminal Anda

Setelah mengumumkan Terminal at Build, berikut fitur-fitur baru telah ditambahkan yang patut untuk dicatat!

Pengaturan

File profiles.json adalah tempat semua keajaiban terjadi. Di sinilah pengaturan Anda dapat disesuaikan untuk membuat pengalaman Terminal unik. Untuk mengakses file ini, pengguna dapat mengklik tombol pengaturan dalam menu dropdown dan file akan terbuka di dalam editor teks JSON default.

Setiap profil adalah objek JSON dengan properti yang dapat disesuaikan yang dapat dimodifikasi sesuai keinginan. Setelah menyimpan perubahan baru dalam pengaturan, Terminal akan secara otomatis menyegarkan untuk menampilkan pembaruan terbaru.

Isi profiles.json

Binding Key Kustom

Pengguna sekarang dapat menulis custom binding key sendiri untuk fungsi apa pun yang ingin dipanggil di dalam Terminal.

Ini dapat dikonfigurasi dalam pengaturan dan menciptakan pengalaman baris perintah unik sendiri. Ikatan kunci default disertakan dalam file pengaturan, memungkinkan pengguna untuk memodifikasinya dan menambahkan sesuai kebutuhan.

Pintasan Keyboard

Visibilitas Pintasan untuk Profil

Binding key yang digunakan sebagai pintasan untuk membuka profil ditampilkan dalam menu dropdown di sebelah profil terkait.

Pintasan Keyboard

Dukungan Gambar Latar Belakang

Pengguna tidak hanya dapat memiliki latar belakang akrilik dengan efek blur, namun dapat memiliki gambar atau gif yang ditetapkan sebagai gambar latar belakang berdasarkan per profil. Ini berarti setiap profil pengguna dapat ditata secara unik dengan gambar latar belakang yang berbeda.

BACA JUGA :  AI Amadeus Kurisu Steins; Gate Memulai Debut Perdananya

Mengaktifkan fitur ini dapat dilakukan dengan menambahkan baris berikut ke profil apa pun di dalam file profiles.json.

Jadwal Rilis

Ini merupakan yang pertama dari beberapa preview release ke Microsoft Store. Tim Terminal berupaya menciptakan jadwal yang konsisten dengan menawarkan preview reguler dan build yang lebih sering untuk mereka yang ingin mendapatkan akses ke fitur-fitur terbaru saat build baru telah tiba. Windows Terminal 1.0 akan tiba di Microsoft Store musim dingin ini!

Sumber: blog resmi Microsoft

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×