WWDC 2019: Bukan iOS lagi, iPad Punya Sistem Operasi Baru

Teknologi 4 Jun 2019

Hai, MedForians!

Jika selama ini iPad menggunakan sistem operasi iOS yang biasanya dipakai di iPhone, kini iPad mempunyai sistem operasi tersendiri bernama iPadOS.

Memang, iPad OS dibangun di atas fondasi yang sama dengan iOS, bahkan beberapa elemen desainnya pun sama dengan iOS. Tapi, ada beberapa hal yang membedakan iOS dan iPadOS ini.

The iPadOS Home screen in Dark Mode.

4.1 Home Screen

Home screen telah dirancang ulang dengan tata letak baru untuk menampilkan lebih banyak aplikasi di setiap halaman. Today View sekarang dapat ditambahkan ke home screen, memungkinkan akses cepat ke widget untuk informasi sekilas, seperti cuaca, kalender, acara, tips dan lain-lain

4.2 Kemampuan Multi Tasking

The Slide Over screen featured in iPadOS on iPad.

Pengguna iPad sekarang dapat bekerja dengan banyak file dan dokumen dari aplikasi yang sama secara bersamaan dengan pembaruan ke Split View, atau dapat dengan cepat melihat dan beralih di antara beberapa aplikasi di Slide Over. 

Misalnya, pengguna dapat membuat email saat melihat email lain berdampingan atau mengakses beberapa aplikasi seperti Pesan atau Kalender hanya dengan swipe. App Expose memberikan tampilan cepat hanya dari windows yang terbuka untuk satu aplikasi dengan satu ketukan sederhana. 

4.3 Apple Pencil

A person using Apple Pencil and the new tool palette to complete a drawing in iPadOS on iPad.

Dengan iPadOS, Apple Pencil makin terintegrasi ke dalam iPad. Pelanggan sekarang dapat menandai dan mengirim seluruh halaman web, dokumen, atau email di iPad dengan menggesekkan Pensil Apple dari sudut layar. 

Palet alat yang didesain ulang memberikan akses cepat ke alat, palet warna, bentuk, penghapus objek, penghapus piksel baru untuk menghilangkan bagian mana pun dari goresan. Apple Pencil terasa lebih alami, menggunakan algoritma prediksi canggih dan optimisasi untuk mengurangi latensi terdepan di industri hingga sdi bawah 9 milidetik.

4.4 File

The new Files app design in iPadOS on iPad.

Mengakses dan mengelola dokumen di aplikasi File makin cepat. Dengan dukungan iCloud Drive untuk berbagi folder lebih mudah. Siapa pun yang memiliki akses ke folder bersama akan melihatnya di iCloud Drive dan akan selalu memiliki kemampuan untuk mengakses versi terbaru. 

4.4.1 Drive Eksternal

iPadOS juga mendukung drive eksternal, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memasukkan drive USB, kartu SD atau masuk ke server file SMB, dari dalam aplikasi Files.

Tampilan Kolom baru dengan pratinjau resolusi tinggi membantu pengguna menavigasi direktori, sementara dukungan untuk Quick Actions seperti mark up, rotate, dan buat PDF membuatnya mudah untuk menjadi lebih produktif di iPad. iPadOS juga memperkenalkan penyimpanan lokal, zip dan unzip, dan pintasan keyboard baru.

4.5 Browsing Experience

A website on iPad displaying the new floating keyboard and QuickPath one-hand typing in iPadOS.

iPadOS secara otomatis menyajikan versi desktop situs web, diskalakan dengan tepat untuk tampilan iPad, dan mengoptimalkannya untuk sentuhan, sehingga aplikasi web seperti Google Docs, Squarespace dan WordPress berfungsi dengan baik di Safari pada iPad.

Safari juga mendukung fitur-fitur baru yang signifikan seperti pengelola unduhan, 30 pintasan keyboard baru dan penyempurnaan manajemen tab.

4.6 Pengeditan Teks

Pengeditan teks pada iPad menerima pembaruan besar-besaran dengan iPadOS, membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk menunjuk dengan lebih presisi dan kecepatan, pilih teks hanya dengan gesek dan gunakan gerakan baru untuk memotong, menyalin, menempel dan membatalkan.

4.7 Lainnya di iPadOS

Mode Gelap menghadirkan skema warna gelap dramatis yang tampak hebat di seluruh sistem dan lebih mudah di mata di lingkungan yang kurang cahaya.

Custom fonts dapat diinstal untuk digunakan di seluruh sistem, sempurna untuk membuat dokumen yang indah di iPad. Font dari butik dan vendor besar seperti Adobe, DynaComware, Monotype, Morisawa dan Founder akan tersedia di App Store.

Papan ketik mengambang baru menghemat ruang dan mencakup dukungan untuk QuickPath – membuat pengetikan satu tangan mudah dan menyisakan lebih banyak ruang untuk menampilkan aplikasi. Pelanggan dapat mencubit untuk mengaktifkan keyboard mengambang dan menariknya ke mana saja di layar.

Foto mengkurasi perpustakaan untuk menyorot gambar terbaik, secara otomatis menyembunyikan kekacauan dan foto-foto serupa untuk menampilkan peristiwa penting dari hari, bulan, atau tahun lalu.

Pengeditan foto lebih intuitif dengan alat-alat baru yang lebih mudah diterapkan, disesuaikan dan ditinjau, dan hampir semua kemampuan pengeditan foto tersedia untuk pengeditan video.

Sumber: DetikInet

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja