Menu Tutup

Xiaomi Konfirmasi Masalah Tudingan Penjiplakan Karya Seni

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari vendor ponsel asal China, Xiaomi. Setelah sebelumnya mereka dituduh menjiplak karya seorang seniman asal Spanyol bernama Peter Tarka, kali ini mereka memberi konfirmasi.

Dilansir dari detikINET, Kamis (20/6), Xiaomi mengaku langsung melakukan investigasi, dan mengakui kesalahannya.

“Setelah melakukan investigasi terhadap komentar dari Peter Tarka terkait penyalahgunaan karya seninya pada situs Xiaomi Spanyol, Xiaomi menemukan bahwa terdapat seorang desainer Xiaomi yang menggunakan desain milik Peter Tarka tanpa izin,” demikian pernyataan mereka.

“Xiaomi telah menghapus konten tersebut dari situs terkait dan segera memberhentikan karyawan yang bersangkutan. Xiaomi menyampaikan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya kepada Peter Tarka atas ketidaktelitian perusahaan terkait proses penyetujuan konten,” tambah Xiaomi.

“Tindakan yang dilakukan karyawan bersangkutan bertentangan dengan nilai-nilai yang dipegang teguh oleh Xiaomi sebagai sebuah perusahaan yang menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual. Xiaomi akan memperbaiki proses persetujuan internal terkait konten apapun agar kejadian ini tidak terulang kembali,” lanjut perusahaan yang berbasis di China itu.

Xiaomi juga menyatakan telah menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada Peter Tarka.

Sebelumnya, telah diberitakan bahwa seorang seniman instalasi 3 dimensi itu bernama Peter Tarka yang berbasis di Spanyol menyebutkan bahwa Xiaomi meniru tiga karyanya sebagai gambar promosi di website wilayah Spanyol.

Jika dilihat, bukti yang diajukan Peter memang meyakinkan. Berikut cuplikan gambar yang dipermasalahkan Peter:

Iklan Xiaomi Spanyol (sumber: detikINET)

Sedangkan ini merupakan karya dari Peter:

“Saya seratus persen yakin mereka menggunakan karyaku karena semuanya sangat cocok. Mereka hanya mengubah saturasi warna dan mengubah sedikit elemen agar tidak terlalu kelihatan,” cetus Peter dilansir dari The Verge via detikINET.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×