Xiaomi, Vivo, Oppo 'Mencoba' OS Baru Huawei Pengganti Android

Teknologi 15 Jun 2019

Hai, MedForians!

Setelah pencabutan lisensi Android untuk ponsel milik Huawei, kini Huawei sedang mengembangkan OS terbaru buatan mereka, yakni HongMeng OS.

Tidak Hanya Huawei Saja

Dilansir dari Kompas Tekno, tak hanya Huawei, perusahaan teknologi asal Tiongkok, seperti Xiaomi, Vivo, maupun Oppo, dikabarkan juga ikut menjajal OS terbaru buatan Huawei ini.

Hasilnya, sistem operasi HongMeng ini diklaim bisa mendongkrak performa ponsel 60 persen lebih cepat dibandingkan jika menggunakan OS Android.

Dalam pengembangan sistem operasi ini Huawei tak bekerja sendirian. Selain bekerja dengan Xiaomi, Oppo dan Vivo, Huawei juga menggandeng Tencent untuk turut meningkatkan kinerja OS HongMeng. Sayangnya antara Tencent dengan Xiaomi, menolak untuk mengomentari terkait hal tersebut.

Dipercepat Setelah Daftar Hitam AS

Huawei sendiri mempercepat pembuatan sistem operasi ini setelah pemerintah Amerika Serikat memasukkan nama Huawei ke dalam daftar bernama “entity list”.

Perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut tidak diperkenankan membeli komponen dalam bentuk software dan hardware ke perusahaan asal AS, tanpa seizin pemerintah AS.

Sehingga, Huawei berpotensi kehilangan lisensi sistem operasi Android yang notabene dimiliki oleh Google yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat.

Tidak Hanya Lisensi Google yang Dicabut

Tak hanya itu, beberapa perusahaan lain pun turut menangguhkan kerja sama mereka dengan Huawei. Contohnya Facebook.

Perusahaan ini juga menangguhkan kerja sama dengan Huawei sehingga aplikasi seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp tidak akan dapat terinstal secara bawaan pada ponsel Huawei.

Direncanakan akan Rilis di Huawei Seri P40

Kendati demikian, beberapa analis mengungkapkan bahwa sistem operasi HongMeng diduga akan mulai dibenamkan pada ponsel Huawei P40 mendatang.

Bahkan menurut sumber terdekat, masih ada sejumlah perusahaan teknologi besar yang juga turut membantu Huawei mengembangkan sistem operasi ini.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek