Menu Tutup

Aplikasi Mobile Google AdSense akan Diberhentikan Tahun Ini

Hai, MedForians!

AdSense memungkinkan penerbit dengan mudah menempatkan iklan di situs mereka. Google juga menyediakan aplikasi seluler AdSense untuk melacak jumlah tampilan dan pendapatan. Sayangnya, ada kabar buruk bagi para penerbit yang menggunakan aplikasi mobile AdSense.

Hari ini, Google mengumumkan bahwa mereka ‘membunuh’ aplikasi AdSense untuk Android dan iOS. Hal ini disampaikan oleh Google melalui Blog Inside AdSense. Penghentian ini dilakukan meskipun lebih dari sepertiga pengguna mengakses AdSense dari perangkat seluler.

Pengganti dari aplikasi mobile ini adalah web AdSense yang kemungkinan akan dirombak menjadi PWA (Progressive Web App). Dengan demikian, dashboard AdSense dapat dengan mudah disematkan ke homescreen dan muncul di peluncur aplikasi di Android.

Google secara eksplisit menuliskan bahwa mereka akan berinvestasi di pengalaman mobile yang lebih baru.

Dengan berinvestasi di aplikasi web yang mendukung semua platform, kami akan dapat menghadirkan fitur AdSense yang dioptimalkan untuk seluler jauh lebih cepat daripada yang didapat hari ini.

Namun bahkan setelah perombakan Material Design tahun ini, tidak ada penambahan tampilan seluler untuk web dashboard AdSense. Desain ulang tersebut juga tidak pernah tiba di Android dan iOS. Fitur yang lebih canggih untuk manajemen akun dan pengaturan iklan juga terbatas pada situs versi desktop.

BACA JUGA :  Hari Ini, Ulang Tahun Musisi Legendaris Chrisye Diabadikan Google Doodle

Tim AdSense mengisyaratkan pengalaman yang lebih interaktif dan mungkin proaktif untuk layanan yang akan datang:

Visi kami adalah AdSense yang berfungsi lebih baik untuk menjaga akun Anda tetap sehat, memungkinkan Anda fokus membuat konten yang hebat, dan hadir untuk Anda saat ada masalah atau peluang yang membutuhkan perhatian Anda.

Penonaktifan aplikasi AdSense untuk Android dan iOS ini akan berlangsung mulai beberapa bulan mendatang. Kepastian waktunya sendiri belum diumumkan. Tetapi, sepertinya aplikasi yang telah terinstal oleh pengguna akan berhenti bekerja setelah aplikasi terebut berhenti diedarkan pada akhir 2019. Pengumuman lebih lanjut akan diumumkan pada tahun ini.

BACA JUGA :  Huawei Mate 30 Pro Resmi Diumumkan, Gunakan Android, Kirin 990, dan 5G

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×