Asosiasi Anime Jepang Pertimbangkan Beri Bantuan Untuk Kyoto Animation

Pop Kultur 20 Jul 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir seputar insiden pembakaran Kyoto Animation. Setelah sebelumnya, Sentai Filmworks membuka penggalangan dana di gofundme, kali ini perhatian datang dari kalangan industri anime lainnya, Asosiasi Anime Jepang (The Association of Japanese Animations, atau dikenal dengan AJA).

Asosiasi yang terdiri dari beberapa perusahaan anime di Jepang mengatakan akan melakukan kegiatan penggalangan dana untuk studio Kyoto Animation.

Asosiasi AJA mengumumkan pernyataan melalui website mereka, atas aksi penggalangan dana terhadap studio Kyoto Animation ini.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa anggota asosiasi tersebut mengutuk keras pelaku dibalik insiden pembakaran terhadap studio Kyoto Animation kemarin (18/7).  Insiden tersebut sangat menyakitkan dan tidak masuk akal sehingga membuat orang-orang yang bekerja pada studio tersebut kehilangan nyawa mereka.

Penyataan tersebut juga menyatakan bahwa animasi adalah budaya dan sektor industri yang sangat mewakili Jepang di mata dunia. Asosiasi akan segera memberikan bantuan dukungan dengan sepenuh tenaga agar studio Kyoto Animation dapat kembali seperti sedia kala.

Sebelum AJA, Sentai Filmworks sendiri sudah membuka penggalangan dana berjudul “Help KyoAni Heal”, dan saat ini dikabarkan telah mencapai lebih dari $ USD 1 juta.

Pembakaran yang dilakukan oleh pelaku bernama Shinji Aoba (41 tahun) sendiri telah menewaskan 33 orang dan melukai 36 lainnya. Hingga saat ini, para staf yang diketahui selamat adalah sutradara Naoko Yamada, Kadowaki Miku, penulis Shoji Gatoh, sutradara Ishihara Tatsuya, dan animator Ishidate Taichi.

Sumber : NHK

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa