ByteDance, Pemilik Aplikasi TikTok akan Buat Ponsel Pertamanya

Teknologi 31 Jul 2019

Hai, MedForians!

TikTok yang awalnya sebagai aplikasi media sosial sepertinya akan merambah ke dunia ponsel!

Kolaborasi Membuat Ponsel

Beberapa waktu lalu, TikTok sempat dikabarkan akan memperluas model bisnisnya ke wilayab perangkat keras, yaitu dengan memproduksi ponsel pintar pertamanya. Kabar itu akhirnya dikonfirmasi perusahaan induk TikTok, ByteDance.

Dilansir dari BBC dan KompasTekno, ByteDance mengumumkan akan berkolaborasi dengan salah satu perusahaan ponsel asal China, Smartisan untuk membuat ponselnya sendiri.

Menurut salah satu perwakilan ByteDance, rencana itu memang sedang dikembangkan oleh Smartisan, sebelum akhirnya teken kontrak dengan ByteDance.

“Produk tersebut merupakan kelanjutan dari rencana Smartisan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan basis pengguna Smartisan,” ungkap perwakilan ByteDance.

Kabar sebelumnya menyebut, smartphone ini nantinya akan diisi aneka aplikasi bawaan yang dibuat anak perusahaan ByteDance, termasuk TikTok.

ByteDance telah mengakuisisi beberapa paten Smartisan awal tahun ini. Sebagian pegawai Smartisan juga diboyong ke ByteDance. Kabarnya, smartphone ini telah dikembangkan selama tujuh bulan, di bawah kepemimpinan Wu Dezhou, mantan eksekutif Smartisan.

Di China, bisnis teknologi ByteDance semakin kuat. Kehadirannya menjadi pesaing perusahaan teknologi lain, seperti Tencent dan Baidu yang tidak bisa dianggap remeh.

Walaupun begitu, aplikasi ini juga sempat mendapat pertentangan di beberapa negara seperti India yang menganggap TikTok menyebarkan pornografi dan pedofilia. Aplikasi ini juga sempat diblokir di Indonesia karena dinilai negatif untuk anak.

Sudah Ada Persiapan

Marketing Manger ByteDance, Zhi Ying sesumbar aplikasi streaming video ByteDance, Douyin sudah memiliki 300 juta pengguna aktif bulanan pada bulan Juni lalu. Sementara TikTok semakin populer di wilayah Amerika Utara.

Selain mengakuisisi Smartisan, Bytedance kabarnya juga mengakuisisi beberapa startup yang tidak berhubungan dengan media sosial. ByteDance dikabarkan telah merekrut beberapa pegawai dari JukeDeck, startup asal London yang khusus menghasilkan musik dari AI.

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast