CEO XL Axiata Beri Tanggapan Terkait Aturan IMEI

Teknologi 17 Jul 2019

Hai, MedForians!

Berita berikut mengenai CEO XL Axiata yang memberi tanggapannya terkait aturan IMEI.

Dilansir dari detikINET dan Viva, Selasa (16/7), Dian Siswarini selaku CEO XL Axiata, mengaku telah berbicara dengan pemerintah terkait aturan validasi aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI). XL Axiata menyambut baik hal tersebut, tetapi tidak ingin menambah beban kepada operator saat penerapannya.

“Kami lihat memang secara objektif hal ini bagus supaya menghilangkan black market jadi supaya handset yang masuk ke Indonesia itu memang betul handset yang legal. Tapi mungkin yang harus kita bicarakan adalah bagaimana sistem yang akan digunakan juga cara pengecekannya,” ujar beliau usai meraih penghargaan sebagai CEO of The Year di acara Selular Awards 2019, Senin (15/7) kemarin.

Dian mengingatkan perlu membicarakan sistem yang akan digunakan nanti. Soal pengecekan IMEI, ia menyebut harus diperjelas, baik peran pemerintah maupun operator telekomunikasi ke depannya.

Beliau ingin aturan IMEI nantinya akan seperti registrasi prabayar. Operator hanya memberikan, Ditjen Dukcapil yang akan memvalidasikan data tersebut, sehingga tidak menambah beban kepada operator.

“Samalah seperti pre-paid registration yang kita lakukan. Kita berikan data ke dukcapil dan mereka akan bilang, ‘ini oke atau enggak’? Kira-kira mekanismenya seperti itu,” ungkap Dian.

Beliau juga tidak khawatir aturan IMEI akan berdampak kepada jumlah pelanggan, walaupun di awal beliau melihat ada sedikit pengaruh. Meski begitu, Dian menekankan lagi jika aturan ini resmi berlaku maka akan membantu pendapatan negara.

“Iya mungkin di awal-awal ada. Tapi ke depannya kan ini istilahnya untuk pendapatan negara. Ke depan, saya rasa masyarakat akan mengerti bahwa handphone yang ilegal tidak membawa keuntungan bagi siapapun. Saya rasa ke depannya kalau ini betul-betul diimplementasikan akan menyadarkan masyarakat juga,” papar Dian.

Tag

Samana Yoga

Media Formasi Author