Google Kembali Kembangkan Fuchsia, Sistem Operasi Pengganti Android

Teknologi 1 Jul 2019

Hai, MedForians!

Sepertinya Android akan digantikan oleh Fuchsia!

Persiapan Peralihan

Google dikabarkan mengembangkan sistem operasi Fuchsia sebagai alternatif saat Android suatu saat tidak mampu bersaing.

Sama halnya dengan Android, Fuchsia juga dibuat sebagai sistem operasi open source.

Indikasi kemunculan sistem operasi ini diketahui saat situs khusus pengembang aplikasi fuchsia.dev yang berisi instruksi dan cara pengembang menggunakannya. Saat ini, sistem operasi tersebut masih dalam tahap pengembangan awal.

Kemudian, situs tersebutjuga memuat penjelasan cara kerja sistem operasi tersebut. Berbeda dengan Android yang berjalan dengan kernel Linux, Fuchsia menggunakan microkernel Zircon yang sebelumnya mengusung nama Magenta.

Raksasa teknologi dunia ini memastikan kemunculan sistem operasi tersebut bukan untuk mematikan Android atau Chrome.

Dilansir dari GSMArena dan CNN Indonesia, “Kami sedang mempelajari apa yang baru di ranah sistem operasi. Orang-orang sangat bergembira mengatakan ‘oh, ini merupakan Android model baru’, atau ‘ini adalah OS Chrome yang baru’,” tulis Google.

“Tapi Fuchisa bukan soal itu. Fuchsia adalah soal sistem operasi yang lebih terkini dan bisa disematkan ke dalam produk lain,” tulis Google.

Sudah Ada dari Tahun 2016

Sebelum merilis situs khusus pengembang, kemunculan sistem operasi ini pertama kali diketahui publik lewat kode misterius yang muncul di situs Github pada Agustus 2016. Hanya saja saat itu Google tidak merilis pengumuman resmi terkait sistem operasi ini.

Pengembang Android disebut bisa menggunakan lintas platform Flutter SDK untuk menyusun aplikasi ke versi Fuchsia. Sistem operasi ini pada November 2018 dikabarkan menyatakan dukungan untuk cip Kirim 970 buatan Huawei yang disematkan ke ponsel Honor Play.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian ingin menggunakan sistem operasi selain Android? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast