Menu Tutup

Google Rilis Photos Versi Ringan dan Offline, Gallery Go

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Google. Mereka telah merilis sebuah aplikasi terbaru yang mirip dengan Google Photos bernama Gallery Go.

Dilansir dari TheNextWeb melalui Kompas Tekno, Jumat (26/7), Gallery Go mampu menyusun aneka gambar ke dalam berbagai kategori berbeda, mulai dari selfie hingga binatang peliharaan. Fungsi ini sendiri serupa dengan Google Photos, yang mampu mengorganisasikan foto-foto hasil jeperetan pengguna Android, secara otomatis lewat cloud.

Perbedaannya adalah Gallery Go tak membutuhkan koneksi internet. Proses organisasi foto berjalan secara lokal (offline) di perangkat pengguna dengan memanfaatkan teknologi machine learning.

Kategori-kategori foto tersebut akan ditambahkan ke dalam galeri ponsel. Gallery Go juga mendukung kartu memori microSD, sehingga foto dari media penyimpanan eksternal itu bisa diatur secara otomatis.

BACA JUGA :  Hari Ini, Ulang Tahun Musisi Legendaris Chrisye Diabadikan Google Doodle
Gallery Go (sumber: Kompas Tekno)

Selain mengorganisasikan foto, Gallery Go juga dibekali dengan fitur editing, tweaking otomatis, dan beberapa filter untuk mengubah gambar sesuai selera.

“Gallery Go membantu pengguna smartphone awam untuk menemukan, menyunting, dan mengatur foto tanpa membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi atau cloud backup,” kata Product Manager Google Photos, Ben Greenwood.

Google merancang Gallery Go sebagai aplikasi ringan, bagian dari rangkaian aplikasi “Go” yang sudah diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir untuk ponsel berspesifikasi rendah (Android Go). Di antaranya adalah YouTube Go, Google Go, dan Google Maps Go.

File instalasi Gallery Go pun ringkas dengan ukuran hanya sekitar 10 megabyte saja. Aplikasi tersebut kini sudah tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh oleh pengguna perangkat OS Android versi 8.1 atau lebih baru.

BACA JUGA :  Hari Ini, Ulang Tahun Musisi Legendaris Chrisye Diabadikan Google Doodle

Dengan Gallery Go dan rangkaian aplikasi Go lainnya, Google berharap layanannya bisa merangkul jutaan pengguna smartphone baru di negara-negara berkembang.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×