Grab Indonesia Dapatkan Investasi Rp 28 T Dari SoftBank

Teknologi 30 Jul 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Grab Indonesia. Rival dari Go-Jek tersebut dikabarkan telah mendapatkan investasi besar dari perusahaan asal Jepang, SoftBank.

Dilansir dari Okezone.com dan Tech in Asia, Selasa (30/7), Softbank mengucurkan dana investasi USD 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun (kurs Rp14.000 per USD) ke Grab.

Setelah mendapatkan dana investasi, Grab akan membuka kantor di Jakarta. Kantor kedua ini akan menjadi rumah research & development centre dan sekaligus menjadi pusat bagi bisnis GrabFood.

Hal ini diketahui setelah Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Chairman dan Chief Executive Officer Softbank Masayashi Son pada Senin (29/7) kemarin.

“Tadi pembicaraan dengan Presiden dan Pak Luhut juga, Softbank komit untuk investasi lagi melalui Grab USD2 miliar. Di dalamnya kita agree untuk buka second headquarter di Jakarta,” kata Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Headquarter atau markas pertama grab berada di Singapura. Menurut Ridzki, pembukaan markas kedua di Jakarta ini akan segera dilakukan setelah dana investasi dari Softbank cair.

Ridzky melanjutkan, pihak Grab juga akan terus melakukan koordinasi dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara itu, dikutip dari Beritasatu.com, Investasi sebesar USD 2 Miliar tersebut juga diberikan dalam rangka mendukung pengembangan infrastruktur digital di Indonesia, dan akan disalurkan untuk membangun jaringan transportasi perkotaan generasi selanjutnya, serta transformasi layanan penting seperti industri kesehatan.

Melalui investasi ini, Grab dan SoftBank akan menciptakan jaringan transportasi generasi selanjutnya untuk Indonesia dengan ekosistem kendaraan elektrik (electric vehicle).

Kedua perusahaan ini juga akan mengembangkan solusi geo-mapping bagi Indonesia untuk mendorong pengembangan dalam negeri serta adopsi teknologi masa depan.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.