Menu Tutup

Huawei Lebih Memilih Setia Pada Android

Hai, MedForians!

Sepertinya Huawei memilih untuk tetap komitmen bersama Android!

Masih Ingin Berkomitmen

Gara-gara namanya masuk daftar hitam AS untuk urusan perdagangan, Huawei kehilangan lisensi Android buatan Google dan terpaksa mencari OS alternatif.

Namun, setelah Presiden AS Donald Trump menunjukkan sikap melunak pekan lalu, harapan perusahaan asal China ini untuk kembali ke pelukan Android Google pun kembali muncul.

Dilansir dari KompasTekno dan Business Times, President of Huawei Consumer Business Group Eropa Barat Walter Ji mengatakan pihaknya  berkomitmen untuk tetap bertahan di ekosistem Android karena sudah banyak berkontribusi selama 10 tahun terakhir.

“Sebab itulah, meskipun menghadapi kesulitan, kami tetap komitmen terhadap pasar dan berupaya meningkatkan brand lewat inovasi untuk konsumen,” ujar Ji dalam sebuah wawancara.

Ji menegaskan bahwa  peluncuran update Android Q untuk perangkat-perangkat Huawei juga masih akan berjalan sesuai rencana. Kendati demikian dia menyatakan berusaha tetap realistis.

Nasib Huawei menyangkut Android sebenarnya belum jelas karena menunggu akhir negosiasi perdagangan antara AS dan China. Masih ada peluang untuk perusahaan ini kehilangan Android yang dikembangkan Google berikut aneka layanan seperti Gmail, Google Maps, hingga Play Store.

Inilah mengapa perusahaan asal China ini tetap memiliki rencana cadangan. Rencana tersebut adalah Hongmeng OS yang dikembangkan dari Android Open Source (AOSP) dan dikabarkan rilis Oktober mendatang.

Hongmeng OS alias ArkOS sudah didaftarkan ke lembaga merek dagang di beberapa negara. Salah satunya adalah Australia, Kanada, Kamboja, Uni Eropa, Indonesia, India, Meksiko, Spanyol, Swiss, dan Thailand.

Dengan situasinya yang kurang mendukung sekarang ini, Huawei pun sudah membuang impiannya menggeser posisi Samsung sebagai pabrikan smartphone terbesar di 2019.

Daripada susah memikirkan jumlah pengiriman unit, Ji mengatakan Huawei akan lebih fokus pada inovasi produk.

Dia mencontohkan inovasi terkait kamera yang belakangan melambungkan nama Huawei di dunia gadget.

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×