Menu Tutup

Inilah Awal Mula dari Kembalinya ‘Down’ Trio Facebook-WA-IG

Hai, MedForians!

Facebook kini telah memberikan keterangan resmi terkait pasca masalah ‘down’ yang kembali terjadi pada layanannya, antara lain Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Berawal dari Maintenance Rutin

Dilansir dari Reuters melalui detikINET, sebelumnya, Rabu (3/7) kemarin malam, sejumlah pengguna global Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengeluhkan adanya masalah pada ketiga layanan tersebut. Salah satunya adalah kesulitan mengirim dan menerima foto, video, maupun file lain.

Facebook sudah mengakui adanya masalah tersebut di platform dan aplikasi layanan keluarga besarnya, juga mengonfirmasi bahwa hal tersebut sudah ditangani. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu lantas mengungkap sedikit informasi mengenai awal mula penyebab terjadinya error.

“Pada saat salah satu prosedur maintenance rutin yang kami lakukan, kami memicu sebuah masalah yang mempersulit sebagian orang untuk meng-upload atau mengirim foto dan video,” kata Facebook, tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai masalah tersebut.

BACA JUGA :  Sambut Singles Day 11.11, Yuk Intip 6 Tips Penting Dalam Belanja Online!

Berpotensi Kehilangan Pendapatan

Dalam insiden serupa di bulan Maret, Facebook menyebut bakal mempertimbangkan refund untuk para pengiklan yang berpotensi kehilangan pendapatan akibat layanan yang tumbang. Tetapi, Facebook yang mendapat puluhan juta dolar dari pendapatan iklan setiap harinya, menolak berkomentar saat ditanya apakah akan mempertimbangkan hal serupa kali ini.

Diduga Terkait tentang Masalah Infrastruktur Internal

ThousandEyes, sebuah perusahaan yang memonitor lalu lintas internet secara global, juga memberikan pendapatnya mengenai masalah teranyar yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Gangguan tampaknya berkaitan dengan infrastruktur internal atau masalah aplikasi,” kata perusahaan tersebut.

BACA JUGA :  Bill Gates Ungkap Kegagalan Windows Mobile: Isu Antitrust

Kejadian Facebook, Instagram, dan WhatsApp bermasalah bareng bukan kali ini saja terjadi. Ada pula yang menduga bahwa itu berkaitan dengan rencana integrasi di antara ketiganya.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×