Kim Kardashian Batalkan Branding 'Kimono Solutionwear'

Pop Kultur 3 Jul 2019

Hai, MedForians!

Minggu lalu, Kim Kardashian yang merupakan seorang artis ternama sekaligus wirausahawan mengumumkan usaha terbarunya dalam bidang fashion, yakni sebuah fashion dengan gaya terbaru pada pakaian dalam. Tetapi, nama brand yang dibuat oleh Kim Kardashian menimbulkan banyak atensi negatif, terutama dari warga Jepang.

Hal ini dikarenakan brand terbarunya tersebut bernama ‘Kimono Solutionwear’, yang diambil dari nama pertama Kim Kardashian dan juga kata kimono, pakaian tradisional khas Jepang. Kardashian mengklaim bahwa ia telah mendapatkan merek dagang untuk ‘Kimono Solutionwear’. Ia pun sedang melakukan proses untuk mendapatkan klaim merek dagang untuk ‘Kimono Body’, ‘Kimono Intimates’, dan ‘Kimono World’.

Pengumuman mengenai merek dagang ini dengan cepat disambut oleh berbagai reaksi dari berbagai warga Internasional, terutama warga negara Jepang. Hal ini dikarenakan nama kimono sudah melekat erat kaitannya terhadap Jepang. Bahkan, Daisaku Kadokawa selaku walikota dari Kyoto pun terlibat. Ia mengirimkan surat terbuka kepada Kim Kardashian melalui surat resmi dan akun Facebook pribadinya yang menyatakan bahwa nama ‘Kimono’ merupakan salah satu aset budaya Jepang. Daisaku Kadokawa juga mengundang Kardashian untuk mengunjungi Kyoto dan melihat sendiri bagaimana tradisi-tradisi yang ada di Jepang.

Respon-respon negatif sekaligus surat terbuka tersebut tampaknya membuat Kardashian memikirkan kembali rencana brandingnya. Pada Senin (1/7) kemarin, ia mengumumkan bahwa brand ‘Kimono Solutionwear’ dan brand terkait lainnya tidak akan ia lanjutkan, dan untuk selanjutnya ia akan mengganti seluruh nama dari merek dagang tersebut.

Hal ini diungkapkannya melalui akun resmi Instagramnya.

View this post on Instagram

Being an entrepreneur and my own boss has been one of the most rewarding challenges I’ve been blessed with in my life. What’s made it possible for me after all of these years has been the direct line of communication with my fans and the public. I am always listening, learning and growing – I so appreciate the passion and varied perspectives that people bring to me. When I announced the name of my shapewear line, I did so with the best intentions in mind. My brands and products are built with inclusivity and diversity at their core and after careful thought and consideration, I will be launching my Solutionwear brand under a new name. I will be in touch soon. Thank you for your understanding and support always.

A post shared by Kim Kardashian West (@kimkardashian) on

Pernyataan Kardashian berbunyi :

“Menjadi seorang wirausahawan dan bos telah menjadi salah satu tantangan paling berharga yang pernah saya terima dalam hidup saya. Apa yang membuat segalanya menjadi mungkin bagi saya selama bertahun-tahun ini yakni komunikasi langsung dengan penggemarku dan publik. Saya selalu mendengarkan, belajar dan tumbuh – Saya sangat mengapresiasi semangat dan bergam perspektif orang lain.

Ketika saya mengumumkan nama brand saya, saya melakukannya dengan niat terbaik yang ada pada pikiran saya. Brand dan produk saya yang telah dibangun dengan inklusivitas dan inti keanekaragaman setelah berbagai pikiran dan pertimbangan, saya akan merilis brand saya dengan nama baru. Saya akan segera mengabarkannya. Terima kasih atas pengertian dan dukungannya.”

Bagaimana tanggapan sobat MedForians terhadap hal ini?

Sumber: Sora News24

Tag

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.