Kolaborasi Go-Jek & Astra Ciptakan Go-Fleet

Teknologi 19 Jul 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Go-Jek. Kali ini, startup pimpinan CEO Nadiem Makarim itu berkolaborasi dengan PT Astra International menciptakan perusahaan Go-Fleet.

Pengumuman ini disampaikan saat pembukaan acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Dilansir dari detikINET dan Katadata, Kamis (18/7), Go-Fleet menyediakan mobil untuk mitra driver beserta jaminan perawatan dan asuransi serta tambahan penghasilan dari iklan dalam mobil.

“Ada tambahan penghasilan buat driver dalam bentuk iklan yang ditampilkan dalam kendaraan,” kata Presiden Direktur GoFleet Meliza M Rusli.

Iklan dalam kendaraan mitra GoFleet terbagi menjadi tiga, yaitu di samping, di belakang, dan di dalam mobil. Di belakang mobil, iklan akan berbentuk video yang diputar melalui layar LED. Dengan demikian, penghasilan dari iklan tersebut dapat menjadi tambahan pendapatan untuk driver.

Selain itu, Meliza M Rusli mengatakan bahwa perekrutan dan pengoperasian Go-Fleet akan dilakukan secara bertahap.

Hari ini Go-Fleet mengoperasikan ribuan unit kendaraan bagi mitra driver di area Jabodetabek, dan rencananya akan dilakukan di seluruh Indonesia.

“Di samping solusi kendaraan, ada juga perawatan mobil, perbaikan, asuransi kendaraan dan asuransi jiwa, dan tambahan penghasilan mitra driver dari iklan yang ditampilkan di kendaraan. Penambahan penghasilan bagi mitra diharapkan menggerakkan sektor informal perekonomian di Indonesia,” ucap Meliza.

Presiden Direktur Astra, Prijono Sugiarto mengatakan bahwa Go-Fleet merupakan wujud kemitraan strategis antara Astra dan Go-Jek yang dimulai sejak Astra berinvestasi di Go-Jek pada Februari tahun lalu.

Ia juga menjelaskan alasan Astra ingin berinvestasi di Go-Jek karena layanan industri ride-hailing dan layanan antar makanan di Indonesia baru berada pada tingkat 3-4% sementara di China telah mencapai 14%.

“Kami mendukung penuh upaya kolaborasi otomotif dan teknologi agar dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial yang semakin luas bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ucap Prijono.

CEO Go-Jek, Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa Go-Fleet merupakan penyelenggaraan layanan angkutan sewa khusus yang menyediakan solusi mobilitas bagi mitra driver jasa transportasi online.

Solusi ini berupa penyediaan kendaraan, perawatan, layanan perbaikan, perlindungan asuransi, dan monetisasi kendaraan melalui pemasangan iklan.

“Kerja sama ini sejalan dengan misi kami untuk terus berinovasi dan mencari cara memberikan kesempatan yang merata bagi masyarakat Indonesia. Peluncuran Go-Fleet menjadi perwujudan kolaborasi dan perpaduan kekuatan dua karya anak bangsa terdepan untuk terus memajukan ekonomi digital Indonesia di mata dunia,” ujar Nadiem.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.