Menu Tutup

[Liputan] Bekraf Game Prime 2019, Ajang Ekshibisi Industri Game Terbesar di Indonesia!

Hai, MedForians!

Kabar liputan terbaru datang dari redaksi yang berkesempatan mengunjungi langsung ajang game terbesar di Indonesia ini yang berlokasi di Balai Kartini, Jakarta.

Bekraf Game Prime adalah ajang ekshibisi dan diskusi game nasional tahunan yang telah diadakan sejak tanggal 14-15 Juli 2018. Acara yang diprakarsai oleh BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif), IDEA Network ,dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) telah menghadirkan banyak developer game dari indonesia dan praktisi industri game untuk memamerkan produk mereka, serta bertujuan untuk membagikan pengalaman dan peluang bisnis di industri game Indonesia.

Para game developer lokal dan artist dapat memamerkan hasil karyanya, yang kemudian akan dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Bekraf Game Prime juga menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi dalam berbagai kategori yang telah masuk tahap seleksi sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia.

Acara ini sendiri berlangsung selama dua hari, sejak tanggal 13 sampai 14 Juli 2019.

BGP 2019 tidak hanya menghadirkan berbagai karya gim digital buatan developer indonesia, kalian juga diajak bernostalgia terhadap gim-gim jadul melalui Arcade Games atau biasa dikenal dengan dingdong. Bagi kalian pecinta Board Games, BGP 2019 juga menyediakan area Board Games yang bisa dimainkan bersama teman-teman ataupun keluarga. Selain itu, terdapat juga area VR dan AR Games.

BACA JUGA :  Game Sword Art Online: Alicization Lycoris Perkenalkan Karakter Orisinal Baru

Redaksi sendiri telah mendapatkan kesempatan mencoba langsung game dari berbagai developer lokal diantaranya dari Krakatoa Studios, OZYSOFT, Joyseed, StoryTale Studios, Calcatz, dan masih banyak lagi.

Kesan pertama yang redaksi rasakan ketika mencoba langsung berbagai game dari developer lokal tersebut yaitu kagum dan sangat termotivasi.

Bagaimana tidak? banyak developer lokal yang begitu semangatnya menawarkan hasil karya mereka dengan sepenuh hati dan tentunya juga dengan senang hati, mereka menjelaskan berbagai hal penting terkait perkembangan industri game di indonesia saat ini.

Tidak hanya game bernuansa horor yang hadir pada acara ini.

Salah satunya ketika redaksi mencoba game Undying Flower dari developer Calcatz. Walaupun yang mereka pamerkan pada ajang eksibisi ini baru hanyalah sebatas prototipe (purwarupa) saja, namun ada beberapa aspek penting yang mereka sajikan terutama pada aspek cerita.

Mereka menyajikan sebuah cerita yang mendalam dan sarat akan makna. Bagi kalian yang sudah mencoba “Life is Strange” buatan developer luar “Dontnod Entertainment” (rilis sejak 2015), seperti itulah gambaran mengenai game Undying Flower, yang lebih mengutamakan sebuah cerita.

Developer lain seperti Krakatoa Studios juga tidak kalah keren. Mereka menyajikan sebuah gim penuh aksi bernuansa fantasi dengan judul Fractals of Destiny.

BACA JUGA :  Game Sword Art Online: Alicization Lycoris Perkenalkan Karakter Orisinal Baru

Beberapa game seperti Warframe ataupun Final Fantasy menjadi inspirasi mereka untuk membuat game Fractals of Destiny, dengan menyuntikkan mekanisme gameplay yang menarik serta dibutuhkan juga strategi khusus pada player itu sendiri. Walaupun game ini masih tahap Beta Akses, namun game ini mempunyai daya tarik tersendiri, dan patut ditunggu hasil akhirnya.

Harapan redaksi, dengan diselenggarakannya acara ini setiap tahunnya adalah agar menjadi wadah bagi seluruh developer game Indonesia untuk berkarya serta menunjukkan kepada masyarakat secara luas, khususnya gamer dan media.

Acara ini bisa menunjukkan sisi positif bahwa Indonesia memiliki orang-orang kreatif di bidang digital yang tidak kalah dengan orang luar yang selalu berinovasi, dan dapat menggebrak serta memajukan perindustrian game Indonesia.

Terimakasih banyak untuk pemerintah khususnya Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) yang telah menyelenggarakan acara ini.

Semoga di tahun depan, acara ini bisa lebih meriah lagi dan dapat memperkenalkan lebih banyak lagi developer Indonesia dengan karya-karya mereka.

Bagaimana dengan harapan kalian terkait perindustrian gim di Indonesia ini? berikan tanggapan kalian di kolom komentar.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×