Menu Tutup

Mantan Pegawai Nokia Ungkap Penyebab Kegagalan dari Windows Phone

Hai, MedForians!

Windows Phone di ponsel Nokia bisa disebut kegagalan terbesar sejak diakuisisi oleh Microsoft. Bill Gates sendiri sempat menyesalkannya. Namun, alasan kegagalan smartphone dari Microsoft tidak serta merta diungkapkan secara terbuka.

Terry Myerson, insinyur yang pernah menjabat sebagai mantan kepala Windows dan Windows Phone, pernah mengatakan bahwa penggunaan basis platform Windows CE yang tidak lengkap, membuat pengembang aplikasi tidak tertarik menggunakan Windows Phone.

Namun salah satu mantan pegawai dari Nokia membeberkan penyebab utama, yang menurutnya menjadi penyebab kegagalan dari Windows Phone.

“Ada beberapa faktor populer yang menyebabkan Windows Phone berakhir, tidak ada satupun dari mereka yang menjatuhkannya, tapi ada beberapa hal yang menurut saya paling menonjol,” tulis insinyur yang mengaku berkantor di Boston, AS saat Nokia diakuisisi Microsoft.

Menyepelekan Google

Myerson pernah mengatakan bahwa Microsoft tidak benar-benar paham dengan model bisnis Android. Karena saat megembangkan Windows Phone, iOS masih menjadi primadona banyak orang, karena pada saat itu Android masih tergolong OS baru.

Microsoft saat itu tak menganggap Android sebagai ancaman besar sampai Google menambah layanan ekslusif di Android dengan YouTube, Gmail, Maps, dan sebagainya.

BACA JUGA :  Demi Keamanan, Google Sarankan Pengguna Microsoft Edge Untuk Dapatkan Chrome

Gagalnya Windows 8

Sebelum kelahiran Windows 8, orang-orang dibuat penasaran tentang Windows Phone. Sayangnya, Windows 8 yang mengusung antar muka Metro membuat pandangan tentang Windows Phone menjadi kurang bagus.

Metro disebut bisa bekerja dengan baik di perangkat touchscreen Windows 7, tapi tidak dengan Windows 8. Orang-orang pun mengaitkan dua hal ini sebagai produk yang buruk. Pandangan ini tidak berubah sama sekali meski sudah ada perbaikan di Windows 10.

Pasar dirajai iOS dan Android

Di tahun 2014, orang-orang mulai terpopulerisasi oleh Android dan iOS. Dua platform ini pun merajai market OS Smartphone sampai saat ini.

“Bahkan jikalau Windows Phone memiliki aplikasi dan apa pun yang tidak dimiliki (Android dan iOS), hal itu tidak akan membuat mereka beralih (ke Windows Phone),” tulis Myerson.

Dilansir dari Ms Power User melalui Kompas Tekno dan detikINET, Rabu (31/7), insinyur tersebut mengklaim bahwa secara koding, Windows Phone akan selalu lebih bagus dibanding Android. 

“Saat itu Android Studio masih dalam tahap awal sehingga kami masih menggunakan Eclipse yang sangat kurang dibanding Visual Studio. Meski ada hal negatif dari sisi konsumen, pengkodean Windows Phone akan selalu lebih baik dari Android,” tulis Myerson.

BACA JUGA :  Gojek Beli Saham Minoritas Milik Blue Bird Senilai Rp 411 Miliar

Selain alasan yang dikemukakan Myerson, banyak konsumen menilai aplikasi yang dihadirkan di Windows Phone kurang memikat. Kondisi tersebut berbeda dengan iOS dan Android. 

Inilah yang membuat banyak orang enggan melirik ataupun migrasi ke Windows Phone. Belum lagi makin banyak developer yang mengembangkan aplikasi untuk kedua platform tersebut.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×