Menu Tutup

Pasca Lantik AVGI, Ini Kelakar Menkominfo

Hai, MedForians!

Berita berikut mengenai kelakar Menkominfo jika blokir game online saat pelantikan AVGI.

Dilansir dari situs Kominfo dan detikINET, Selasa (16/7), Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara melantik kepengurusan pusat Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI) yang merupakan asosiasi yang didalamnya berisi orang-orang yang terlibat dalam eSport.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan Pemerintah mendukung pengembangan ekosistem game di Indonesia. Apalagi, game akan menjadi masa depan generasi milenial. 

“Games saat ini tengah menjadi salah satu industri baru yang berkembang di Tanah Air. Jadi nanti tolong kembangkan ekosistem game ini,” kata Rudiantara saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI) di Hotel Redtop Pecenongan, Jakarta.

Beliau mengatakan bahwa pemerintah saat ini telah berubah, dimana sebelumnya identik dengan regulasi, saat ini menjadi fasilitator dan akselerator.

“Kita dorong self regulatory. Jadi jangan minta ke saya untuk membuat regulasi mengenai AVGI. Lebih baik bicara apa, nanti kita buatkan koridornya, kita fasilitasi, bahkan kita akselerasi. Sudah nggak zaman diatur-atur,” ungkap Rudiantara.

BACA JUGA :  Data Penumpang Bocor, Menkominfo Surati Amazon dan Panggil Lion Group

Kepada pengurus AVGI, Menteri Rudiantara menitipkan pesan agar ekosistem game ini dapat dikembangkan dengan baik. Sebab, game tidak hanya e-sport tetapi juga ada game developer hingga distributor. 

“Zaman dulu kita mau main game beli playstastion, sekarang cukup beli voucher. Saya senang dengan kehadiran teman-teman di asosiasi e-sport maupun AVGI,” tuturnya. 

Dalam kesempatan ini. beliau dapat berkelakar bahwa dengan keberadaan AVGI maka beliau dapat meminta masukan dari asosiasi tersebut bila terdapat desakan pemblokiran suatu game.

“Kalau nanti mau Saya blok, Saya minta AVGI dulu ‘gimana nih’?”, ujar beliau.

Apa itu AVGI?

AVGI sendiri merupakan asosiasi independen yang beranggotakan para penggiat dan pelaku industri game dan olahraga elektronik. Pengurus AVGI yang diketuai oleh Rob Klinton Kardinal ini memiliki visi yaitu memajukan olahraga elektronik di Indonesia.

Rob Clinton Kardinal sebagai ketua umum AVGI mengatakan AVGI adalah lembaga independen dan profesional yang berkomitmen memajukan eSport di Indonesia.

BACA JUGA :  Data Penumpang Bocor, Menkominfo Surati Amazon dan Panggil Lion Group

Program jangka panjang, AVGI akan fokus untuk membenahi jumlah pemain eSport profesional di Indonesia.

“Kita mau benerin database dulu karena kita nggak tau mana pemain profesional, mana yang non-profesional. Kita mau buat sistem pendaftaran para pemain profesional agar bisa kita proteksi, itu salah satunya,” ungkap mantan pemilik tim eSport ONIC ini.

Sedangkan, untuk program jangka pendek, AVGI akan mendukung penghelatan SEA Games 2019 yang melombakan cabang olahraga eSport.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×