Pemerintah Tokyo Luncurkan Program Ekspansi Anime ke Luar Negeri

Pop Kultur 11 Jul 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari dunia anime. Industri anime telah terbukti menjadi bisnis besar di Jepang. Dengan kemunculan acara-acara seperti Anime Festival Asia (AFA), Anime Expo, dan Japan Expo yang terjadi di seluruh dunia,  telah menjadi fenomena global.

Latar belakang industri anime inilah yang membuat pemerintah Metropolitan Tokyo mengumumkan pada minggu lalu bahwa mereka akan memulai program sendiri bertajuk “Anime Overseas Expansion Step-Up Program”. Program tersebut berfokus pada pemasaran anime ke pasar luar negeri.

Program ini akan mencakup seminar dan lokakarya, dan akan memuncak dalam kontes untuk anime pitches. Hadiah akan berupa penghargaan tunai dan kesempatan untuk dipamerkan di pasar animasi MIFA (Marche international du film d’animation) tahun depan.

Seminar dan workshop (sumber: Anime-Tokyo)

Seminar akan berlangsung dari Agustus hingga Oktober, dan akan fokus pada penjabaran pasar anime asing. Workshop akan berlangsung pada bulan November dan fokus pada peningkatan presentasi anime pitches.

Kontes “Tokyo Anime Pitch Grand Prix” akan dimulai Februari mendatang. Pemenang hadiah utama akan menerima 1 juta yen (sekitar US $ 9.000), dengan empat pemenang lainnya menerima 500.000 yen (sekitar US $ 4.500), dan karya mereka akan dipamerkan di MIFA 2020.

Perlu diketahui bahwa penyelenggaraan MIFA dijalankan bersamaan dengan Annecy International Animation Film Festival yang diadakan di Prancis.

Bagaimana tanggapan kalian, MedForians?

Sumber: Anime News Network, SO Japan

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.