Pencipta Sistem Password Komputer, Fernando Corbato Meninggal Dunia

Teknologi 15 Jul 2019

Hai, MedForians.

Berita duka hadir dari dunia kemanan komputer. Salah satu tokoh penting dari pencipta sistem password komputer, Fernando Corbato meninggal dunia.

Dilansir dari New York Times melalui detikINET, Minggu (14/7), Fernando Corbato wafat pada Jumat (12/7) pada usia ke-93 di Massachusetts, Amerika Serikat.

Menurut pengakuan istrinya, Emily, beliau menghembuskan nafas terakhirnya karena komplikasi diabetes di sebuah panti jompo di area Newburyport, Massachusetts.

Corbato adalah seorang peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang menciptakan konsep akun yang dilindungi oleh password. Konsep itu ia temukan saat membangun Compatible Time-Sharing System, sebuah sistem yang membuat sejumlah orang bisa menggunakan komputer dalam waktu yang sama dengan menggunakan jaringan telepon.

Sistem ini dibuat karena menurutnya saat itu sebuah komputer yang tak digunakan adalah sebuah pemborosan. Maka dari itu, dengan sistem yang dibuatnya, sebuah komputer bisa digunakan secara maksimal.

Temuannya itu kemudian membentuk keamanan digital di masa yang akan datang. Password bukan satu-satunya temuan Corbato. Ia pun menemukan teknologi yang mengurangi waktu tunggu respon dari hitungan jam ke detik, dan membuat teknologi tersebut menjadi jauh lebih praktis.

Lalu, ada juga sistem time-sharing Multics bikinannya yang menjadi dasar dari sistem operasi seperti Linux yang mempunyai kontrol privasi lebih baik. Begitu pula dengan sistem file hierarki dan berbagai fitur lain yang mempermudah penggunaan komputer saat ini.

Ada juga Corbato’s Law yang menyebut programer bakal menulis jumlah kode yang sama meskipun mereka menggunakan bahasa yang berbeda. Corbato juga pernah mendapat A.M Turing Award pada 1990, sebuah penghargaan di bidang komputer yang disebut setara dengan hadiah Nobel.

Sebelumnya meninggal, Corby tercatat masih mengajar sebagai profesor emeritus di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.