Rilis Switch Terbaru, Nintendo Klaim Daya Tahan Baterai Lebih Lama

Teknologi Jul 19, 2019

Hai, MedForians!

Beberapa saat yang lalu, Nintendo meluncurkan Switch versi Lite. Kini, Nintendo memperbarui lini switch dengan versi terbaru.

Perbedaan Switch pertama dengan Switch terbaru adalah dari segi daya tahan baterai yang lebih lama.

Nintendo mengklaim bahwa Switch terbarunya akan dapat bertahan 2 jam lebih lama daripada Switch versi lama. Switch versi lama sendiri dapat bertahan 2,5 hingga 6,5 jam sedangkan Switch versi terbaru dapat bertahan 4,5 hingga 9 jam.

Sayangnya, Nintendo belum menjelaskan bagaimana mereka meningkatkan daya tahan baterai dari Switch terbaru ini. Kemungkinan hal ini dapat terjadi karena mereka akan menggunakan sistem on chip terbaru dan chip memori terbaru.

Perubahan dua hal tersebut digadang-gadang dapat meningkatkan efisiensi penggunaan daya pada konsol mini milik Nintendo tersebut. Karena sebelumnya, Nintendo akan membuat Switch terbaru dengan prosesor dan memory terbaru, dikutip dari laman FCC.

Chip terbaru ini diperkirakan akan memiliki kesamaan dengan chip yang digunakan oleh Switch versi Lite, yaitu chip dengan codename “Mariko” yang merupakan pengembangan dari chip yang dipakai pada Switch versi lama yaitu Tegra X1 dengan codename “Logan”.

Chip dengan codename “Mariko” ini diproduksi dengan fabrikasi 16nm, lebih kecil dari chip sebelumnya yaitu codename”Logan” yang memiliki fabrikasi 20nm. Hal ini diperkirakan akan membuat konsumsi daya pada Switch terbaru akan lebih efisien.

Nintendo mengklaim bahwa Switch terbarunya akan sanggup memainkan game “The Legend of Zelda: Breath of the Wild” selama 5,5 jam tanpa henti, dimana pada Switch versi lama, hanya akan sanggup memainkan game tersebut selama 3 jam saja.

Namun, selain dua hal tersebut, nampaknya pihak Nintendo tidak mempublikasikan perbedaan lainnya antara Switch versi Terbaru dengan Switch versi lama.

Switch terbaru dengan kode HAC-001(-01) akan mulai didistribusikan ke pasar Jepang mulai pertengahan Agustus mendatang, sedangkan di Eropa pada awal September nanti.

Sumber : Detik.com, Gematsu

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.