Spotify Lite Resmi Rilis Dengan Ukuran di Bawah 10 MB

Teknologi 10 Jul 2019

Hai, MedForians!

Spotify Lite sudah resmi dirilis dengan ukuran merakyat!

Lebih Hemat

Spotify merilis aplikasi terbarunya yang lebih ringan, namanya Spotify Lite. Aplikasi ini ditujukan untuk orang-orang dengan kuota data terbatas dan perangkat dengan storage kecil.

Spotify Lite ukurannya cuma 10 MB, jauh lebih kecil dibanding Spotify biasa yang membutuhkan 100MB. Tak cuma lebih kecil, aplikasi ini juga dilengkapi fitur penting, yaitu bisa membatasi penggunaan data, dan bisa mengeluarkan notifikasi saat batas penggunaan data itu sudah tercapai.

Lalu untuk pengguna ponsel jadul — atau juga ponsel dengan storage terbatas –, pengguna bisa mengatur cache lagu dan bisa menghapusnya dengan satu sentuhan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (10/7).

Spotify Lite tersedia di 36 negara yang tersebar di Asia, Amerika Selatan, Timur Tengah, dan Afrika. Indonesia masuk ke dalam 36 negara itu.

Syarat minimalnya adalah Android 4.3 ke atas, dan menawarkan pengalaman yang serupa dengan aplikasi Spotify biasa, namun dioptimasi untuk koneksi yang lebih lambat serta paket data yang lebih kecil.

Selain itu ada juga satu perubahan dibanding aplikasi Spotify biasa. Yaitu perubahan menu ‘users libraries’ menjadi ‘favorites’, yang menjadi tempat untuk semua lagu dan playlist yang sudah disimpan oleh penggunanya.

Menurut Spotify, dengan kehadiran Spotify Lite ini pengguna bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Spotify lite (sumber: Endgadget)

Spotify sendiri adalah perusahaan ke sekian yang merilis aplikasi lite. Sebelumnya ada Facebook dengan Facebook Lite, lalu Instagram Lite, dan bahkan Uber pun punya aplikasi versi Lite.

Aplikasi versi lite semacam ini menjadi populer dan penting bagi perusahaan teknologi yang ingin memperluas layanannya di negara berkembang, di mana koneksi internet lebih lambat, dan kuota data menjadi sebuah hal yang berharga dan terbilang mahal.

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!


Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast