Menu Tutup

Thales Alenia Space Dipercaya Bangun ‘Tol Langit’ di Indonesia

Hai, MedForians!

Berita berikut ini mengenai Thales Alenia Space yang akan membangun ‘Tol Langit’ di Indonesia.

Dilansir dari detikINET, Jumat (12/7), Thales Alenia Space dipercayakan untuk merancang dan memproduksi satelit pemerintah, Satelit Republik Indonesia (SATRIA).

Kementrian Komunikasi dan Inforrmasi (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) menunjuk Konsorsium PSN setelah proses lelang untuk mengoperasikan SATRIA yang bernilai Rp 21,4 triliun.

Konsorsium PSN pun telah membentuk PT. Satelit Nusantara Tiga sebagai perusahaan yang mengoperasikan SATRIA. PT. Satelit Nusantara Tiga ddimiliki PT. Pintar Nusantara Sejahtera, PT. Pasifik Satelit Nusantara, PT. Dian Semesta Sentosa, dan PT. Nusantara Satelit Sejahtera yang semua tergabung dalam konsorsium PSN.

Thales Alenia Space sebagai kontraktor utama, akan menyediakan satelit Very High Throughput Satellite (VHTS) berdasarkan platform Spacebus NEO yang menggunakan tenaga listrik dan digital processor (5G).

Thales Alenia Space akan bertanggungjawab menyediakan 2 pusat kendali satelit (utama dan cadangan), satelit telekomunikasi dan telemetri, dan segmen misi darat yang terhubung dengan muatan fully processed payload. Thales Alenia Space juga akan menyediakan pelatihan kepada engineering PSN.

SATRIA yang berjenis full Ka-Band mengusung lebih dari 150Gbps akan dimanfaatkan pemerintah untuk menyebarkan aksess internet ke berbagai wilayah Indonesia.

Satelit ini akan diluncurkan pada 2022 akan mempunyai peran untuk menghubungkan lebih ddari 150 ribu titik di Indonesia untuk memberikan layanan internet yang digunakan untuk kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, administrasi, pemerintah daerah, pertahanan, dan keamanan.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×