Menu Tutup

Xiaomi Siap Ambil Jalur Hukum Pasca ‘Mimoji’ Diduga Menyontek Apple

Hai, MedForians

Berhati-hatilah jika MedForians menuding bahwa ‘Mimoji’ adalah hasil ‘plagiat’ dari Apple. Karena masalah tersebut, Xiaomi siap untuk mengambil jalur hukum, jika tudingan tersebut terbukti tidak benar, alias hoaks.

Dituding Plagiat karena ‘Terlihat Mirip’

Saat merilis Mi CC9 dan CC9e, Xiaomi memperkenalkan fitur bernama Mimoji. Lantaran terlihat mirip, banyak oramg yang menilai fitur tersebut mirip Memoji yang dibuat Apple.

Memoji sendiri bagian dari fitur iOS 12 yang diperkenalkan Apple pada tahun lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat emoji 3D sesuai karakter mereka.

Xiaomi ‘Membuka Suara’

Pasca tudingan tersebut viral, dan gerah dituding mencontek, Xiaomi akhirnya buka suara. Perusahaan telepon genggam yang bermarkas di Tiongkok ini mengaku pihaknya telah melakukan audit internal terkait proses pengembangan Mimoji. Mereka tidak menemukan bukti bawha karakter Mimoji menjiplak kompetitor, termasuk Apple.

BACA JUGA :  Sony Interactive Entertainment Buka Studio Pertama di Malaysia 2020

Menurut Xiaomi, “Kami memperkenalkan Mimoji saat merilis MI 8 Explorer Edition. Pada rilis terbaru kami telah menambahkan elemen wajah yang dimodelkan khusus wajah orang timur. Sejauh ini kami menawarkan 165 elemen,” kata juru bicara Xiaomi.

Xiaomi menilai Memoji milik Apple tidak punya fitur pembuatan karakter otomatis. Ini membuat Mimoji memiliki perbedaan logis yang mendasar.

Xiaomi Mengaku Sangat Tidak Mentolerir Plagiarisme

Perusahaan besutan Lei Jun ini mengaku sangat menghargai kekayaan intelektual dan tidak mentolerir plagiarisme. Jika penuduh dapat membuktikan Xiaomi menyalin Memoji-nya Apple, mereka berjanji minta maaf dan bakal mengambil tindakan terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab.

BACA JUGA :  Ikuti Tren, Sistem Pembayaran Facebook Resmi Diluncurkan

“Tapi jika penuduh tidak dapat membuktikannya, kami akan mengambil tindakan hukum terhadap mereka dan pihak-pihak di belakangnya,” tegas juru bicara Xiaomi.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×