Menu Tutup

Berkolaborasi dengan 3 Portal Berita, Facebook Siapkan Tab Khusus

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Facebook. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu akan membuat tab khusus yang menampilkan deretan “News” atau berita dari media massa yang telah bermitra dengan mereka.

Tab khusus “News” diperkirakan akan berada di tempat yang cukup mencolok, yakni di samping fitur Messenger, Videos dan Marketplace.

Laman Phone Arena dan The Verge melansir laporan dari Wall Street Journal, Jumat (9/8), menyebutkan bahwa Facebook menjajaki kontrak kerja sama dengan tiga portal berita ternama, yakni ABC, The Washington Post dan Bloomberg senilai 3 juta dolar per tahun untuk lisensi.

Lisensi tersebut mencakup headline dan preview dari artikel-artikel berita yang akan dimuat di Facebook, dan direncanakan mulai rilis musim gugur tahun ini. 

BACA JUGA :  [#MiraTalks] Ngobrol Bareng Aris "Si Setia Awan", Legenda Kolom Komen!

Facebook berniat bekerja sama selama tiga tahun dan memberi kebebasan pada ketiga media untuk konten berita yang masuk ke tab “News”. Nantinya, mereka akan mendapatkan kontrol atas bagaimana artikel muncul di Facebook, mulai dari judul dan teks, sebelum dikirim ke situs penerbit. 

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengemukakan, ide tab khusus untuk berita sudah dikatakan pada April lalu, tujuannya agar pengguna Facebook mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya.

Dirinya juga mengklaim bahwa pendekatan Facebook ini berbeda dengan pendekatan Apple terhadap Apple News Plus. Apple News Plus sendiri diketahui merupakan layanan berlangganan yang berfokus pada majalah dengan pembagian pendapatan.

Langkah ini menjadi langkah beresiko bagi Facebook. Perlu dicermati bahwa selama beberapa tahun ini, media sosial Facebook sendiri sering menjadi sumber hoaks bagi warganet dalam berbagai topik selain WhatsApp

BACA JUGA :  Server Kualitas Udara BMKG Diretas

Sumber: Antara News, Tek.id

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×