Menu Tutup

Dipetisi Warganet Karena Netflix, KPI Sambut Kritik dari Masyarakat

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI). KPI sempat membuat geger warganet karena berencana mengawasi konten digital dari Netflix dan Youtube.

Langkah KPI itu membuat seorang warganet bernama Dara Nasution berinisiatif membuat petisi online via Change.org dengan hashtag #KPIJanganUrusinNetflix. Tak lupa, ia bersama kelompok masyarakat pengguna internet lainnya melakukan aksi damai di depan kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Mereka menyerukan penolakan terhadap wacana KPI mengawasi konten Netflix hingga YouTube, yang disebut sebagai media non konvensional.

“Ini di luar kewenangan dari KPI. KPI dalam Undang-Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 tidak memiliki kewenangan untuk mengawasi media-media baru. Kewenangan KPI hanya fokus kepada lembaga penyiaran yang menggunakan frekuensi publik,” demikian orasi Dara di kantor KPI, Jl Ir Juanda, Jakarta Pusat,

Usai aksi damai, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menerima petisi daring #KPIJanganUrusinNetflix di Change.org, Rabu (14/7). Petisi tersebut diserahkan penggagasnya, Dara Nasution kepada Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo di Kantor KPI Pusat.

BACA JUGA :  Kartun Spongebob Squarepants Hingga Promo Film Gundala Disanksi KPI

Setelah menerima petisi tersebut, Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, menegaskan akan membawa petisi dari warganet untuk dibahas dalam rapat pimpinan komisioner KPI Pusat dalam waktu dekat.

“Kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan change.org dan akan segera membahas hal ini. Insya Allah kami akan memberikan pernyataan khusus pada tanggal 21 Agustus mendatang. Percayalah kami akan tetap membawa ini dalam pembahasan,” tandasnya kepada wartawan yang hadir.

Sebelum menyerahkan petisi tersebut, Dara Nasution, yang juga politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), menyatakan petisi bertagar #KPIJanganUrusinNetflix didukung lebih dari 75 ribu tanda tangan warganet (hingga berita ini ditulis, total sudah mencapai 78.918 tanda tangan).

BACA JUGA :  Kartun Spongebob Squarepants Hingga Promo Film Gundala Disanksi KPI

“Sebagai tindak lanjut dari petisi yang sudah ditandatangani 75 ribu orang, kita mendatangi KPI untuk menyerahkan petisi tersebut dan menyampaikan aspirasi teman-teman,” kata Dara saat orasi damai di depan kantor KPI Pusat.

Sumber: Situs resmi KPI, Change.org, detik.com

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×