Menu Tutup

[Liputan] Gamers Land Party 2019, Surganya Para Gamers

Hai, MedForians!

Game merupakan sesuatu yang digemari oleh rata-rata penduduk Indonesia, khususnya para pemuda. Dikutip dari press conference oleh ESID, industri game dunia kini telah menghasilkan pendapatan hingga 124 miliar Dollar Amerika Serikat per tahun. Dari angka tersebut , 45% nya berasal dari game mobile. Lantas, bagaimanakah dengan Indonesia?

Peran Indonesia dalam industri game

Indonesia merupakan kontributor terbesar dalam pasar game di kawasan Asia Pasifik, dengan persentase sebanyak 57%, yang terdiri dari kurang lebih 43 juta gamers dan ethusiast game. Tak hanya itu, Indonesia juga berkontribusi dalam ajang E-Sport yang banyak digelar di berbagai daerah, dengan total pendapatan hingga 897 juta Dollar Amerika Serikat per tahun.

Tujuan event ini dibuat

ESID, selaku promotor yang membuat acara Gamers Land Party 2019 ini, memiliki tujuan menyatukan semua gamers yang ada di Indonesia, baik itu perorangan maupun dalam bentuk komunitas. Dengan dibuatnya acara ini, para gamers dari beberapa daerah dan platform game, nantinya akan saling berinteraksi dan dapat membuat suatu terobosan terbaru dalam bidang game di Indonesia.

Gamers Land Party 2019

Acara ini digelar di JX International pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2019 kemarin. Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Bapak Rudiantara. Pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus, diadakan juga lomba costreet yang dihadiri juga oleh tiga cosplayer terkenal Indonesia, yaitu Clarissa Punipun, Intan Tito, dan Mayumireena.

Banyak dihadiri komunitas

Seperti tujuan event ini dibuat, yaitu untuk menyatukan para gamers, banyak sekali komunitas-komunitas yang ikut diundang untuk meramaikan event ini. Beberapa diantaranya adalah komunitas board game, komunitas game Tekken, komunitas game Rainbow Six Siege, dan masih banyak yang lain. Tak hanya komunitas, beberapa tim E-Sports juga hadir dalam event ini yang membuka stand di area stand komunitas.

Vendor gaming juga ikut

Tak hanya komunitas game saja, beberapa vendor dari merk komputer dan komponen gaming lainnya juga ikut serta dalam event ini. Beberapa diantaranya adalah Lenovo Legion, Adata, LG Gaming Monitor, Galax, Corsair dan masih banyak lagi.

PUBSTOMP The International 2019

Selain stand-stand diatas, yang menjadi tontonan utama dari event ini adalah PUBSTOMP (nonton bareng) turnamen game terbesar di dunia, yaitu The International 2019 yang menampilkan pertarungan tim-tim E-Sport dunia yang bertanding memperebutkan total hadiah sebesar 34 juta Dollar Amerika Serikat dalam bermain game Dota 2. Tayangan pertandingan tersebut ditayangkan melalui layar raksasa yang berada di panggung event ini.

BACA JUGA :  [Liputan] City of Gamers - Event Multikultur Dalam 1 Mall

Dengan diadakannya event ini, diharapkan kedepannya dapat menumbuhkan industri game dan E-Sports yang ada di Indonesia. Akademi atlet E-Sports juga akan mulai diadakan oleh ESID pada tahun 2020 mendatang. Kami berharap dengan adanya event ini, semoga industri game , khususnya E-Sport di Indonesia, akan membuat nama Indonesia akan semakin baik di mata dunia.

BACA JUGA :  Digelar Besok, Yuk Seru-seruan di Blok M J-Pop Culture Fest!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×